Maghfiroh, Zulfatun (2020) Karakter Tokoh dalam Antologi Cerpen Mata yang Enak Dipandang Karya Ahmad Tohari dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
SKRIPSI Zulfatun Maghfiroh Fix Agustus 2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci : Cerpen, Karakter Tokoh, Implikasi Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakter tokoh dalam antologi cerpen Mata yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari dan mendeskrikripsikan implikasi karakter tokoh dalam antologi cerpen Mata yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah enam cerpen dalam antologi cerita pendek Mata yang Enak Dipandang Karya Ahmad Tohari yang diterbitkan pada tahun 2015, yaitu : 1)“Mata yang Enak Dipandang”, 2) “Bila Jebris Ada di Rumah Kami”,3) “Warung Panajem”, 4) “Sayur Bleketupuk”, 5) “Dawir, Turah, dan Totol” dan 6) “Harta Gantungan” karena dalam buku antologinya keenam cerpen tersebut lebih dominan membahas tentang tema kemiskinan dari 15 cerpennya. Wujud data dalam penelitian ini adalah kutipan-kutipan kalimat yang menggambarkan karakter tokoh. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik simak, baca dan catat. Kemudian, teknik analisis data menggunakan dua teknik, yakni ekspositori dan dramatik. Teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah metode informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 28 karakter tokoh dari 45 data yang berupa kutipan-kutipan kalimat dalam antologi cerita pendek Mata yang Enak Dipandang Karya Ahmad Tohari yang terdiri dari 7:15,5% data dalam cerpen ”Mata yang Enak Dipandang”, 10:22,2% data dalam cerpen “Bila Jebris Ada di Rumah Kami”, 7:15,5% data dalam cerpen “Warung Panajem”, 6:13,3% data dalam cerpen “Sayur Bleketupuk”, 7:15,5% data dalam cerpen “Dawir, Turah, dan Totol”, dan 8:18% data dalam cerpen “Harta Gantungan”. Penelitian ini dapat di implikasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA, pada Kompetensi Dasar 3.9 menganalisis unsur-unsur pembangun dalam kumpulan cerita pendek. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai materi pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran sastra di SMA. Sehingga melaui pembelajaran tersebut dapat menjadi acuan bagi guru dalam meningkatkan kreatifitas siswa berkaitan dengan topik penelitian yang diangkat pada penelitian ini.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Zulfatun Maghfiroh Zulfatun |
Date Deposited: | 27 Aug 2020 04:26 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 01:11 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2473 |
Actions (login required)
View Item |