Dwi Saputri, Wijanti (2020) Tindak Tutur Ekspresif pada Percakapan Anak Usia 4-5 Tahun di TK Raudatul Athfal Baitul Iman Pesurungan Lor, Margadana, Kota Tegal dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Wijanti Dwi Saputri, 1516500075, PBInd.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Saputri, Wijanti Dwi. 2020. “Tindak Tutur Ekspresif pada Percakapan Anak Usia 4-5 Tahun di TK Raudatul Athfal Baitul Iman Pesurungan Lor, Margadana, Kota Tegal dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Leli Triana, S. S., M. Pd. Pembimbing II: Khusnul Khotimah, M.Pd. Kata Kunci : tindak tutur ekspresif, implikasi Penelitian ini mengkaji tentang tindak tutur ekspresif pada percakapan anak usia 4-5 tahun di TK Raudatul Athfal Baitul Iman Pesurungan Lor, Margadana, Kota Tegal dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tindak tutur ekspresif pada percakapan anak usia 4-5 tahun di TK Raudatul Athfal Baitul Iman Pesurungan Lor, Margadana, Kota Tegal dan mendeskripsikan hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah bentuk tuturan siswa yang berusia 4-5 tahun yang mengandung tindak tutur ekspresif. Teknik penyediaan data penelitian ini adalah teknik simak libat cakap (SLC) dan dilanjutkan teknik catat. Analisis data menggunakan metode padan dengan teknik daya pilah unsur penentu. Penyajian hasil analisis data penelitian ini menggunakan penyajian hasil analisis data secara informal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tindak tutur ekspresif pada anak usia 4-5 tahun di TK Raudatul Athfal Baitul Iman Pesurungan Lor, Margadana, Kota Tegal terdapat 40 data tindak tutur ekspresif. Keempat puluh data tersebut terbagi dalam lima tindak tutur, yaitu tindak tutur ekspresif menyalahkan (9 data), tindak tutur ekspresif mengeluh (11 data), tindak tutur ekspresif kemarahan (5 data), tindak tutur ekspresif bahagia (11 data), tindak tutur ekspresif memuji (4 data). Hasil penelitian dapat diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas X (Sepuluh) semester genap pada materi debat pada saat pendahuluan dan kegiatan inti pembelajaran, karena dalam debat peserta didik dapat mengeskpresikan dan menyimpulkan sesuatu sesuai apa yang dirasakan dan didapatkan. Saran yang dapat diberikan terkait penelitian ini diharapkan dapat membantu pembaca dalam memahami kajian ilmu bahasa, karena dapat dijadikan pembelajaran nilai-nilai positif dalam tindak tutur, serta dapat dijadikan referensi untuk penelitian selanjutnya yang lebih baik.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Wijanti Dwi Saputri Janti |
Date Deposited: | 27 Aug 2020 07:00 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 01:57 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2531 |
Actions (login required)
View Item |