Zamzami, Riza Hadi (2020) POLA KOMUNIKASI DAN MANAJEMEN KONFLIK PADA PENGGUNA MEDIA SOSIAL DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa Bimbingan Konseling Universitas Pancasakti Tegal). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Full text not available from this repository.Abstract
Zamzami, Riza Hadi. 2020. Pola Komunikasi Dan Manajemen Konflik Pada Pengguna Media Sosial Di Kalangan Mahasiswa. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Sukoco KW, M.Pd, Pembimbing II : Renie Tri H, S.Psi, M.Pd. Kata Kunci : Pola Komunikasi, Manajemen Konflik, Media Sosial. Komunikasi merupakan hal penting yang tak bisa lepas dari kehidupan. Di era yang semakin maju ini teknologi komunikasi sangat berkembang dengan pesat hingga terciptanya media sosial yang mampu menghubungkan seluruh penggunanya hingga belahan Dunia. Komunikasi via media sosial pun dapat memunculkan sebuah konflik yang tak dapat dihindari. Maka dari itu manajemen konflik di sosial media sangatlah penting demi menyeimbangi kemajuan teknologi yang berkembang dengan sangat pesat ini terutama di kalangan pemuda dan mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi dan manajemen konflik yang dilakukan Mahasiswa. Pendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di pusatkan di Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Sampel Penelitian ini difokuskan pada tiga mahasiswa semester empat yang berbeda kelas. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan sumber primer dan sumber sekunder guna mendapatkan sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola komunikasi yang terjadi di kalangan mahasiswa seperti berkomunikasi dengan keluarga, saudara, teman membahas berbagai hal juga bermacam kepentingan. Sedangkan manajemen konflik media sosial yang dilakukan Mahasiswa beragam tergantung karakter seseorang dan masalah yang dihadapi, seperti diselesaikan via media sosial, diselesaikan dengan cara bertemu langsung, ada pula yang tidak terlalu merespon konflik yang muncul di media sosial. Saran bagi pengguna media sosial khususnya di kalangan Mahasiswa tentunya harus paham cara memanajemen konflik yang terjadi di media sosial agar tetap selalu berhati-hati dan bijak dalam menggunakan media sosial. Karena semakin pesat kemajuan teknologi komunikasi semakin besar pula kemungkinan konflik yang akan terjadi di media sosial.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Riza Hadi Zamzami |
Date Deposited: | 31 Aug 2020 02:05 |
Last Modified: | 31 Aug 2020 02:05 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2619 |
Actions (login required)
View Item |