Pengaruh Nasihat Orang Tua terhadap Sikap Disiplin Mematuhi Peraturan Sekolah pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Al Khoiriyah Petarukan Pemalang Tahun Ajaran 2019/2020

Maeli, Sokhabah (2020) Pengaruh Nasihat Orang Tua terhadap Sikap Disiplin Mematuhi Peraturan Sekolah pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Al Khoiriyah Petarukan Pemalang Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Panca Sakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Sokhabah, Maeli. 2020. Pengaruh Nasihat Orang Tua Terhadap Sikap Disiplin Mematuhi Peraturan Sekolah Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Al Khoiriyah, Petarukan, Pemalang Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Sukoco KW, M.Pd. Pembimbing II : Dr. Maufur, M.Pd. Kata Kunci : Nasihat Orang Tua, Disiplin Mematuhi Peraturan Sekolah Penelitian ini dilatar belakangi sering dilakukannya pelenggaran terhadap peraturan sekolah oleh peserta didik kelas VIII SMP Islam Al Khoiriyah Petarukan, Pemalang. Pelanggaran yang dilakukan berkaitan dengan kedisipl;inan peserta didik Kelas VIII, seperti : Hadir di sekolah terlambat, pemakaian atribut seragam sekolah yang kurang lengkap, tidak mengikuti ekstrakurikuler, tidak berangkat sekolah tanpa izin, tidak mengerjakan pekerjaan rumah dari Bapak/Ibu Guru, dan meninggalkan ruang kelas tanpa izin saat pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui cara orang tua menasihati anaknya, (2) Mengetahui tingkat kedisiplinan peserta didik, (3) Mengetahui pengaruh nasihat orang tua terhadap sikap disiplin mematuhi peraturan sekolah. Penelitian ini mengambil tiga peserta didik sebagai subjek penelitian. Untuk mencari informasi yang dibutuhkan, peneliti melakukan observasi di lingkungan SMP Islam Al Khoiriyah Petarukan Pemalang, dan melakukan wawancara dengan kepala sekolah, guru Bimbingan dan Konseling, orang tua dan tiga peserta didik kelas VIII, serta mengambil dokumentasi untuk memperkuat hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggambarkan, meringkas berbagai kondisi, berbagai situasi atau fenomen realitas yang terjadi di lapangan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Maeli Sokhabah Maell13
Date Deposited: 07 Sep 2020 03:18
Last Modified: 11 Jan 2023 01:09
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2716

Actions (login required)

View Item View Item