Gunistiyo, gunistiyo and amir, yayat hidayat and siswanto, siswanto and Widodo, Agus Setio and Adi Sari, Inayah (2010) K A J I A N E V A L U A T I F PELAKSANAAN PROGRAM DAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DASAR GRATIS DI KOTA TEGAL. SOSEKHUM, 5 (8). pp. 22-26. ISSN 1858-4500
There is a more recent version of this item available. |
Text
36 Download (14kB) |
|
Text
peer review kajian evaluatif.pdf Download (230kB) |
|
Text
Kajian Evaluatif Pelaksanaan Program Pendidikan Gratis........pdf Download (2MB) |
Abstract
Pemberdayaan pendidikan dalam bingkai kebijakan otonomi daerah, seyogianya berfokus sekurang-kurangnya pada dua dimensi. Pertama, perbaikan mutu pendidikan secara berkelanjutan. Kedua, pendidikan sebagai investasi peningkatan mutu sumberdaya manusia. Dimensi pertama mengharuskan pemberdayaan pendidikan difokuskan kepada peningkatan mutu masukan, proses, dan keluaran pendidikan. Dimensi kedua berkenan dengan kriteria dan arah pembiayaan pendidikan. Pelaksanaan otonomi daerah mengakibatkan terjadinya perubahan dalam sistem alokasi dan manajemen pembiayaan pendidikan. Peranan Daerah menjadi lebih besar dalam menentukan berbagai kebijakan yang berkenaan dengan penggunaan anggaran pendidikan. Dari perspektif ini, peningkatan mutu pendidikan menuntut formulasi pembiayaan pendidikan yang berbasis kebutuhan riil sekolah. Formula pembiayaan tersebut dimaksudkan untuk mengakomodasi filosofi pemerataan dan keadilan yang menjangkau semua peserta didik dari beragam latar belakang sosial-ekonomi. Kata Kunci: Pendididikan Gratis
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Perusahaan |
Depositing User: | Gunistiyo Gunistiyo |
Date Deposited: | 24 Sep 2020 06:35 |
Last Modified: | 24 Sep 2020 06:35 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2845 |
Available Versions of this Item
- K A J I A N E V A L U A T I F PELAKSANAAN PROGRAM DAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DASAR GRATIS DI KOTA TEGAL. (deposited 24 Sep 2020 06:35) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |