Mustika Ratu, Izul (2021) ASESMEN HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) BERBASIS RASCH MODEL PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP (Studi Deskriptif Analisis Dokumenter Pada Perangkat Tes Objektif Ulangan Harian Materi Pencemaran Lingkungan Mata Pelajaran IPA Kelas VII SMP Negeri 1 Balapulang Tahun Ajaran 2020/2021). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Skripsi_Izul.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
RATU, IZUL MUSTIKA. 2021. ASESMEN HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) BERBASIS RASCH MODEL PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP (Studi Deskriptif Analisis Dokumenter Pada Perangkat Tes Objektif Ulangan Harian Materi Pencemaran Lingkungan Mata Pelajaran IPA Kelas VII SMP Negeri 1 Balapulang Tahun Ajaran 2020/2021.Skripsi. Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Purwo Susongko, M.Pd Pembimbing II Muriani Nur Hayati, M.Pd Kata Kunci: Assesmen HOTS, Ulangan Harian, Quizizz dan Rasch Model Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui langkah-langkah menyusun asesmen soal HOTS (Higher Order Thingking Skills) pilihan ganda berbasis Rasch model pada pembelajaran IPA kelas VII di SMP, (2) Menentukan validitas soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) pilihan ganda berbasis Rasch model. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh lembar jawaban ulangan harian materi pencemaran lingkungan semester genap kelas VII SMP Negeri 1 Balapulang tahun ajaran 2020/2021 mata pelajaran IPA yang menggunakan Kurikulum 2013 (K13). Sampel dalam penelitian ini adalah 210 lembar jawab ulangan harian kelas VII semester genap melalui aplikasi quizizz. Selanjutnya dilakukan pengambilan data menggunakan soal HOTS yang telah divalidator ahli dan pendidik. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi tes. Teknik analisis penelitian ini menggunakan permodelan Rasch dengan aplikasi R program versi 4.0.3. Simpulan hasil penelitian disimbulkan bahwa (1) Langkah-langkah dalam menyusun soal HOTS harus sesuai indikator, KKO terdiri dari C4 dan C5, autentik dan kontekstual, materi sesuai tingkat kognitif siswa dan menggunakan bahasa yang baku, tipe soal tidak cukup menghafal akan tetapi perlu pemahaman konsep yang mendalam sehingga dapat mengarahkan siswa berfikir tingkat tinggi, contoh soal HOTS seperti pada soal studi kasus untuk memecahkan permasalahan dll, (2) Validitas yang digunakan pada permodelan Rasch adalah validitas kosntruk, dilakukan pada uji kecocokan item (itemfit) yang dapat disimpulkan bahwa instrumen dinyatakan valid (tabel 4.6) dengan nilai validitas 96,6% sebanyak 29 item. Saran dalam penelitian berikutnya bisa menganalisa soal pilgan dengan pemodelan Rasch lebih luas lagi.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 02:32 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 07:02 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3184 |
Actions (login required)
View Item |