KOMODIFIKASI KEBERANIAN PEREMPUAN DALAM IKLAN MAGNUM VERSI DOUBLE CHOCOLATE DI TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Oktafiani, Linda (2021) KOMODIFIKASI KEBERANIAN PEREMPUAN DALAM IKLAN MAGNUM VERSI DOUBLE CHOCOLATE DI TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
LINDA OKTAFIANI SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini terjadi karena media seringkali menampilkan perempuan sebagai “pelengkap” laki-laki. Pelaku industri periklanan menjadikan semua yang ada dalam diri perempuan baik itu sifat, fisik dan bahkan semua gerakan yang dilakukan oleh perempuan dimanipulasi sedemikian rupa sehingga bisa menghasilkan keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komodifikasi keberanian perempuan dalam iklan magnum versi double chocholate di televisi. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan pendekatan interpretatif, yang pada dasarnya bersifat kualitatif-interpretatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika Roland Barthes dan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam iklan magnum double chocolate mempunyai konsep yang berbeda dengan iklan sejenisnya. Jika dalam iklan yang menggunakan perempuan sebagai media penyampaian pesannya akan menonjolakan serta mengkomodifikasi dari bentuk tubuh, dan sisi feminimnya. Sedangkan dalam iklan magnum double chocolate lebih menonjolkan sisi lain dari diri perempuan yang jarang terekspos oleh media dan bahkan dianggap tidak ada dalam diri perempuan itu sendiri, yaitu “keberaniannya”. Hal ini ditunjukan dari beberapa adegan yang menampilkan sosok perempuan yang dianggap pemberani. Dalam konteks ini, berani yang dimaksud bukanlah dengan memakan es krim magnum double chocolate kemudian berubah menjadi sosok yang berani, akan tetapi maksudnya adalah berani mencoba dengan rasa dan tampilan yang baru yang ditawarkan oleh produk tersebut. Kata kunci: Komodifikasi, Iklan, Keberanian Perempuan.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 23 Feb 2021 07:54
Last Modified: 04 Feb 2022 01:54
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3306

Actions (login required)

View Item View Item