HANI, IHDA UMI (2021) DAMPAK SISTEM ZONASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TERHADAP PEMERATAAN KUALITAS PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI SMA KOTA DAN KABUPATEN TEGAL). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
HANI UMI, IHDA. 2021.”Dampak Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru Terhadap Pemerataan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus Di SMA Kota dan Kabupaten Tegal). Skripsi. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Wahyu Jati kusuma,S.H.,M.H Pembimbing II: Drs.Wahyono,M.Hum Kata Kunci : zonasi, kualitas, pendidikan Permasalahan dalam penelitian ini adalah kebijkan mengenai sistem zonasi penerimaan peserta didik baru tingkat SMA, kualitas pendidikan di SMA kota dan kabupaten Tegal yang menjalankan sistem zonasi penerimaan peserta didik baru, dampak sistem zonasi penerimaan peserta didik baru terhadap pemerataan kualitas pendidikan Di SMA kota dan kabupaten Tegal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijkan mengenai sistem zonasi penerimaan peserta didik baru tingkat SMA, untuk mengetahui kualitas pendidikan di SMA kota dan kabupaten Tegal yang menjalankan sistem zonasi penerimaan peserta didik baru, untuk mengetahui dampak sistem zonasi penerimaan peserta didik baru terhadap pemerataan kualitas pendidikan Di SMA kota dan kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya menggunakan deskriptif kualitatif berupa kata-kata tertulis maupun lisan, teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Kebijakan mengenai pelaksanaan sistem zonasi penerimaan peserta didik baru masih belum cukup maksimal karena masih banyak kekurangan saat pelaksanaannya 2) Kualitas pendidikan setelah zonasi meningkat namun tidak signifikan. Meningkat dikarenakan mendapatkan siswa yang heterogen 3) dampak sistem zonasi terhadap pemeratan kualitas pendidikan. Dampak positif adalah berkeadilan dan tidak ada diskriminasi, mengurangi keterlambatan dan komunikasi dengan orangtua lebih mudah, menghilangkan sekolah favorit, tidak perlu mencari siswa lagi. Sedangkan dampak negatifnya adalah Menambah pekerjaan karena siswa yang heterogen, sekolah favorit harus bisa menyelaraskan dengan sekolah lain/ sekolah tidak favorit dalam hal penilaian, tidak dapat menyeleksi, siswa yang berprestasi tidak dapat tertampung karena dibatasi oleh zonasi. Saran bagi pemerintah, diharapkan untuk lebih membenahi dan memperjelas lagi mengenai juknis pelaksanaan PPDB dan prosentase untuk masing-masing jalur khususnya jalur prestasi, mendirikan sekolah di daerah-daerah yang tidak ada sekolah negerinya. Bagi sekolah, diharapkan untuk lebih meningkatkan dan memperbaiki serta menambahkan sarana prasarana yang sekiranya masih kurang bahkan tidak ada untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 07:33 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 07:16 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3361 |
Actions (login required)
View Item |