ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DILIHAT DARI SOAL ULANGAN HARIAN PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas X SMK Pusponegoro 01 Brebes Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020)

SAPUTRA, ADIKIS ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DILIHAT DARI SOAL ULANGAN HARIAN PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas X SMK Pusponegoro 01 Brebes Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020). UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
SKRIPSI PDF_ADIKIS SAPUTRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

SAPUTRA, ADIKIS. 2020. Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Dilihat Dari Soal Ulangan Harian Peserta Didik (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas X SMK Pusponegoro 01 Brebes Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan Ilmu dan Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Ponoharjo, M.Pd. Pembimbing II Rizqi Amaliyakh S., M.Pd. Kata Kunci: Analisis, Kemampuan Pemahaman Matematis, Soal Ulangan Harian Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis peserta didik berdasarkan hasil ulangan harian pada materi trigonometri kelas X SMK Pusponegoro 01 Brebes. Penelitian ini merupakan penelitan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 peserta didik kelas X TKR 2 SMK Pusponegoro 01 Brebes Semester Genap, penentuan subjek penelitian didasarkan pada jawaban soal ulangan harian peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan, tes kemampuan pemahaman matematis, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap-tahap yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peserta didik yang memiliki jawaban soal ulangan harian tinggi memenuhi empat indikator pemahaman matematis yang ditentukan yaitu menyatakan ulang definisi atau konsep, mengidentifikasi keterkaitan antara konsep yang dipelajari, memahami dan menerapkan ide matematis, dan membuat suatu ekstrapolasi (perkiraan), 2) Peserta didik yang memiliki jawaban soal ulangan harian sedang memenuhi tiga indikator pemahaman matematis yang ditentukan yaitu menyatakan ulang definisi atau konsep, mengidentifikasi keterkaitan antara konsep yang dipelajari, memahami dan menerapkan ide matematis, 3) Peserta didik yang jawaban soal ulangan harian rendah hanya memenuhi satu indikator pemahaman matematis yang ditentukan yaitu menyatakan ulang definisi atau konsep.

Item Type: Karya Ilmiah (UNSPECIFIED)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Mar 2021 03:40
Last Modified: 03 Feb 2022 07:03
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3434

Actions (login required)

View Item View Item