HARDIYANTI, NURRIZKA (2021) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI MTS AL AZHAR BOJONG TAHUN 2020. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
SKRIPSI_NURRIZKA_HARDIYANTI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
HARDIYANTI, NURRIZKA. 2020. Efektivitas Model Discovery Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Mts Al Azhar Bojong Tahun 2020. Skripsi. Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Subiyanto, M.Pd Pembimbing II : Wahyu Jati Kusuma,M.Hum Kata kunci: Efektivitas, Hasil belajar siswa, Model discovery based learning Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) gambaran model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa, (2) perbedaan hasil belajar siswa ditinjau dari ranah afektif dan ranah kognitif antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan treatment discovery learning, (3) efektivitas model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bersifat Quasi Experiment. Subjek penelitiannya siswa kelas VIII MTs AL Azhar Bojong sejumlah 60 orang dari kelas VIII A dan VIII B. Kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Validitas instrumen dilakukan dengan expert judgement, uji validitas dengan kolerasi product moment, dan uji reliabilitas dengan spearman brown. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian dengan model discovery learning menunjukkan bahwa: (1) ditinjau dari ranah afektif, 53,33% siswa termasuk dalam kategori sangat baik, 36,67% siswa pada kategori baik, dan 10,00% siswa termasuk kategori sedang. Ditinjau dari ranah kognitif, 60,00% siswa termasuk kategori baik, 23,33% siswa pada kategori sangat baik, dan 16,67% siswa pada kategori sedang; (2) terdapat perbedaaan hasil belajar ditinjau dari ranah afektif dan ranah kognitif antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai thitungl> ttabel yaitu 5,887>2,000 nilai signifikansi 0,000 pada ranah kognitif dan 2,211>2,000 dengan nilai signifikansi 0,031 pada ranah afektif; (3) terdapat efektivitas model discovery learning dengan nilai thitung sebesar -14,903 dan nilai signifikansi sebesar 0,000.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 04 Mar 2021 04:37 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 04:43 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3437 |
Actions (login required)
View Item |