IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E (ENGAGEMENT, EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION, EVALUATION) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK

Nurma, Yuniarsih (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E (ENGAGEMENT, EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION, EVALUATION) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Nurma Yuniarsih 1815500001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Yuniarsih, Nurma. 2019. Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Skripsi. Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Yuni Arfiani, S.Pd,Si. M.Pd. Pembimbing II : Muriani Nur Hayati, M.Pd. Kata kunci : Learning Cycle 5E, keterampilan proses sains, pemanasan global Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap keterampilan proses sains peserta didik SMP dan respon peserta didik terhadap model Learning Cycle 5E. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design (eksperimen semu) dengan desain Nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan berupa tes keterampilan proses sains. Populasi dalam penelitian ini kelas VII semester II SMP N 8 Pekalongan Tahun Ajaran 2018/2019, teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan purposive random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian keterampilan proses sains, lembar observasi dan dokumen. Teknis analisis data yang digunakan berupa analisis instrumen, ananlisis hasil pretest dan postest keterampilan proses sains, analisis data soal dan analisis tambahan. Berdasarkan nilai rata-rata n-gain kelas Learning Cycle 5E didapat 66,33 dengan kriteria cukup efektif, sehingga dapat dinyatakan bahwa model Learning Cycle 5E cukup efektif terhadap keterampilan proses sains. Respon peserta didik terhadap model Learning Cycle 5E positif, 14 dari 15 item pernyataan termasuk dalam kategori sangat baik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 09 Jan 2020 12:01
Last Modified: 04 Feb 2022 06:35
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/349

Actions (login required)

View Item View Item