LUTFIANA, DIAN (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI METODE BUZZ GROUP BERBANTUAN KARTU PINTAR DAN KARTU SOAL (Studi Penelitian pada Siswa VII Semester Genap Pokok Bahasan Bangun Datar Segiempat SMP Negeri 14 Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
DIAN LUTFIANA (1715500019).pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
LUTFIANA, DIAN. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Melalui Metode Buzz Group Berbantuan Kartu Pintar dan Kartu Soal (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester Genap Pokok Bahasan Bangun Datar Segiempat SMP Negeri 14 Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Paridjo, M.Pd. Pembimbing II : M. Shaefur Rokhman, M.Si. Kata kunci : peningkatan, hasil belajar matematika, kemandirian belajar, metode Buzz Group, kartu pintar, kartu soal. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode Buzz Group berbantuan kartu pintar dan kartu soal mencapai KKM lebih dari 50%. (2) Mengetahui apakah ada perbedaan peningkatan hasil belajar matematika yang diajar menggunakan metode Buzz Group berbantuan kartu pintar dan kartu soal dengan peningkatan hasil belajar matematika yang diajar menggunakan metode konvensional. (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar matematika yang diajar menggunakan metode Buzz Group berbantuan kartu pintar dan kartu soal lebih baik daripada peningkatan hasil belajar matematika yang diajar menggunakan metode konvensional ditinjau dari kemandirian tinggi, sedang ataupun rendah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 14 Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 244 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling diperoleh 1 kelas sebagai kelas eksperimen, 1 kelas sebagai kelas kontrol, dan 1 kelas sebagai uji coba. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi, tes, dan angket. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar matematika dan angket kemandirian belajar yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda pada taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi, uji Rancangan Acak Kelompok, dan uji Benferoni. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil belajar matematika yang diajar dengan metode Buzz Group berbantuan kartu pintar dan kartu soal mencapai KKM melampaui 50%. (2) Ada perbedaan peningkatan hasil belajar matematika yang diajar menggunakan metode Buzz Group berbantuan kartu pintar dan kartu soal dengan peningkatan hasil belajar matematika yang diajar menggunakan metode konvensional. (3) Peningkatan hasil belajar matematika dengan metode Buzz Group berbantuan kartu pintar dan kartu soal lebih baik daripada peningkatan hasil belajar matematika metode konvensional ditinjau dari kemandirian tinggi. (4) Peningkatan hasil belajar matematika dengan metode Buzz Group berbantuan kartu pintar dan kartu soal lebih baik daripada peningkatan hasil belajar matematika metode konvensional ditinjau dari kemandirian sedang. (5) Peningkatan hasil belajar matematika dengan metode Buzz Group berbantuan kartu pintar dan kartu soal lebih baik daripada peningkatan hasil belajar matematika metode konvensional ditinjau dari kemandirian rendah.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 09 Jan 2020 12:01 |
Last Modified: | 04 Feb 2022 07:06 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/354 |
Actions (login required)
View Item |