ANALISIS KOMPETENSI GURU IPA DALAM MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS PLATFORM ONLINE SELAMA MASA PANDEMI (STUDI KASUS DI SMPN KOTA TEGAL)

PRATAMA, HILMAN ABI (2021) ANALISIS KOMPETENSI GURU IPA DALAM MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS PLATFORM ONLINE SELAMA MASA PANDEMI (STUDI KASUS DI SMPN KOTA TEGAL). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI PDF_HILMAN ABI PRATAMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PRATAMA, HILMAN ABI. 2021. “Analisis Kompetensi Guru IPA Dalam Menggunakan Pembelajaran Berbasis Platform Online Selama Masa Pandemi (Studi Kasus di SMPN Kota Tegal)” Skripsi. Pendidikan IPA. Fakultas Ilmu Keguruan Dan Pendidikan. Universitas Pancasakti Kota Tegal. Pembimbing I Muriani Nur Hayati, M.Pd Pembimbing II Yuni Arfiani, M.Pd Kata kunci : Kompetensi Guru, Pembelajaran Platform Online Kompetensi yang wajib dikuasai oleh guru minimal meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi. Keadaan Indonesia sekarang tidaklah baik, dikarenakan adanya virus Covid-19 dari Wuhan, China, yang menyebabkan pemerintah kita menerapkan sebuah peraturan atau kebijakan pembatasan dalam melakukan aktifitas sosial, semua kegiatan atau aktifitas harus dilakukan di rumah, oleh sebab itu guru dituntut diharuskan memiliki kualifikasi memadai dari berbagai kompetensi, seperti pada pembelajaran berbasis Platform Online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional Guru dalam pembelajaan berbasis Platform Online. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 4 Kota Tegal, SMPN 13 Kota Tegal dan SMPN 14 Kota Tegal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian lapangan. Sumber data penelitian yang dijadikan informan penelitian adalah guru IPA dari tiga sekolah yang diteliti dengan jumlah sembilan orang Guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua instrumen yaitu lembar angket, dan lembar wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan empat tahapan analisis yaitu pengumpulan data, deskriptif persentase, penyajian data, dan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti pada tiga sekolah pada empat kompetensi, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional guru menunjukan hasil yang baik, hal ini dilihat dari hasil angket yang disebar dengan rata-rata hasil (1) Kompetensi pedagogik Guru IPA dalam melaksanakan pembelajaran berbasis Platform Online di SMPN 4, SMPN 13, dan SMPN 14 Kota Tegal menunjukan kategori baik dengan hasil rata-rata persentase 66,7% (2) Kompetensi kepribadian Guru IPA dalam melaksanakan pembelajaran berbasis Platform Online di SMPN 4, SMPN 13, dan SMPN 14 Kota Tegal menunjukan kategori cukup dengan hasil rata-rata persentase 58,3% (3) Kompetensi profesional Guru IPA dalam melaksanakan pembelajaran berbasis Platform Online di SMPN 4, SMPN 13, dan SMPN 14 Kota Tegal menunjukan kategori cukup dengan hasil rata-rata persentase 58,3% (4) Kompetensi sosial Guru IPA dalam melaksanakan pembelajaran berbasis Platform Online di SMPN 4, SMPN 13, dan SMPN 14 Kota Tegal menunjukan kategori cukup dengan hasil rata-rata persentase 56,6%

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Mar 2021 01:41
Last Modified: 03 Feb 2022 03:44
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3555

Actions (login required)

View Item View Item