VAHERA, ZULFIKRI (2021) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN PENGGUNAAN APLIKASI RUANG GURU DAN DAMPAKNYA PADA PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 1 SMAN 1 BABAKAN KABUPATEN CIREBON TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
PDF SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
VAHERA, ZULFIKRI .2020. Skripsi dengan “Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Penggunaan Aplikasi Ruang Guru dan Dampaknya Pada Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA N 1 Babakan Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2020/2021” Skripsi. Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Prof. Dr. Hj. Sitti Hartinah DS, M.M Pembimbing II : Dr. Suriswo, M.Pd Kata Kunci : Aplikasi Ruang Guru, Prestasi Belajar Prestasi belajar bagi peserta didik sangat penting karena prestasi belajar merupakan salah satu gambaran tingkat keberhasilan dari kegiatan selama mengikuti pelajaran. Prestasi belajar merupakan hasil belajar yang diproleh oleh siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar yang dilakukan oleh Guru. Di era milenial ini Aplikasi Ruang Guru sangat di harapkan bagi peserta didik dan mampu meningkatkan prestasi belajar, Aplikasi Ruang Guru ini sangat cocok untuk para peserta didik yang ingin belajar secara efisiesn sehingga peserta didik merasa nyaman dan semangat ketika belajar di tempat sesuai keinginan hatinya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi pengaruh aplikasi ruang guru dampaknya terhadap prestasi belajar peserta didik SMA N 1 Babakan Kabupaten Cirebon tahun ajaran 2020/2021 Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IPS 1 SMA N 1 Babakan Kabupaten Cirebon dengan jumlah peserta didik 35 orang, karena populasi kurang dari 100 maka seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian. Dalam penelitian ini penulis menggunakan kuantitatif dengan desain One group pretest-posttest design. Pelaksanaan penelitian dilakukan di SMA N 1 Babakan Kabupaten Cirebon dengan menggunakan angket, pedoman wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian sebelum dan sesudah diberikan treatment di lakukan pengujian menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 3,2342 dan ttabel dengan derajat kebebasan (dk) 35-1 = 34, dan pada taraf signifikan 5% di dapat ttabel sebesar 0,2785. Dengan demikian thitung lebih besar dari ttabel (3,2342 > 0,2785) maka dari uji t tersebut dapat diartikan bahwa adanya dampak perlakuan yang diberikan dari treatment yang diberikan. Disarankan bahwa aplikasi ruang guru dapat dikembangkan sebagai media pembelaaran dengan memanfaatkan fitur yang tersedia agar lebih menarik dalam memberikan layanan klasikal.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 29 Mar 2021 07:24 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 01:49 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3583 |
Actions (login required)
View Item |