PENGARUH PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PERUM PEGADAIAN DI KABUPATEN TEGAL (KASUS PERUM PEGADAIAN CABANG SLAWI, BANJARAN DAN TALANG KABUPATEN TEGAL)

  • Mahben Jalil
  • Drs. Gunistiyo, M.Si.

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan dan
fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada Perum Pegadaian di Kabupaten Tegal dan
untuk mengetahui variabel yang memberikan pengaruh lebih besar diantara
pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada Perum Pegadaian di
Kabupaten Tegal.
Berdasarkan pengujian dengan Chi square (ï£2), diperoleh bahwa terdapat
hubungan yang signfikan antara pelayanan dan kepuasan konsumen, atau semakin baik
pelayanan yang diberikan, semakin baik pula kepuasan konsumennya. Untuk analisis
hubungan antara Fasilitas dan kepuasan konsumen,diperoleh bahwa terdapat
hubungan yang signfiikan antara fasilitas dan kepuasan konsumen, atau semakin baik
fasilitas yang diberikan, semakin baik pula kepuasan konsumennya. Dari hasil
perhitungan diketahui pula bahwa pelayanan memberikan pengaruh lebih besar
terhadap kepuasan konsumen dibandingkan dengan fasilitas, sehingga hipotesis kedua
dapat diterima.
Section
Articles