Endro Suseno, . (2021) VALIDITAS MESSICK TES MATEMATIKA PADA PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL DI SMK NEGERI 2 TEGAL DENGAN PENDEKATAN RASCH MODEL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
TESIS - ENDRO SUSENO - MAGISTER PEDAGOGI - endro suseno.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Instrumen tes matematika pada penilaian akhir semester gasal di SMK Negeri 2 Tegal belum tervalidasi. Penelitian ini bertujuan untuk memvalidasi item soal pada tes tersebut dengan menggunakan pendekatan model Rasch. Validitas yang digunakan sebagai rujukan adalah validitas Messick yang meliputi lima aspek validitas yaitu validitas (1) konten , (2) substantif , (3) struktural, (4) eksternal dan (5) konsekuensial. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini mengungkap kualitas item soal yang meliputi kecocokan item , person-item map, person/item map, fungsi informasi tes, person fit statistic, collapsed deviance/Hosmer-Lemeshow, accuracy, sensitivity, specificity, unidimensi, invariansi , separation dan DIF. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif eksploratif dengan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Data responden sebanyak 342 peserta didik diambil dari siswa kelas XII semua kompetensi, dengan jumlah butir sebanyak 30 soal. Analisis data menggunakan perangkat lunak R Program Studio versi 4.03 dengan paket eRm. Hasil analisis validasi Messick dari aspek konten menunjukkan 90% item soal valid dengan p value < 0.05, meski terdapat item misfit pada butir nomor 2,10 dan 30. Hal ini karena tingkat kesukaran soal, nilai measure-nya berkisar antara –1 s.d. 0 yang termasuk kategori soal yang mudah. Dari validitas substantif, validitas dinyatakan valid, dengan Person fit sesuai 100% dengan model. Goodness of fit tests diperoleh nilai p-value dari masing-masing uji yaitu Collapse Deviance 0,663, dan Hosmer-Lemeshow 0,919 memenuhi uji kelayakan model. Sedangkan dari accuracy 0,672, sensitivity 0,778, dan specificity 0,532, didapat nilai mendekati 1,0. Validitas struktural dinyatakan valid dengan uji unidimensi menghasilkan p-value 0,882 > 0.05 artinya Ho di terima (unidim) dan uji invariansi pengukuran menghasilkan nilai p-value 0,983 > 0,05 yang berarti Ho diterima (varian). Dari validitas Eksternal dinyatakan valid dengan Person Separation reliability 0,815 yang artinya item soal dapat membedakan peserta yang tuntas dan tidak tuntas. Dan dari validitas konsekuensial 96% item dinyatakan valid dengan taraf signifikansi 0,01 terdeteksi satu butir soal yang terindikasi bias yaitu butir nomor 29. Dari hasil validasi ini dapat disimpulkan bahwa instrumen tes matematika pada penilaian akhir semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 adalah valid, dan dapat digunakan sebagai butir soal pada bank soal sekolah. Kata kunci: validitas messick, penilaian akhir semester matematika, model rasch.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Oct 2021 04:18 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 02:11 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4057 |
Actions (login required)
View Item |