ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN SOFTWARE ANATES (Studi Penelitian Kualitatif Peserta Didik Kelas XI Semester II SMK Nurul Islam Kec.Larangan Kab.Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020)

Nurul Amelia, . (2021) ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN SOFTWARE ANATES (Studi Penelitian Kualitatif Peserta Didik Kelas XI Semester II SMK Nurul Islam Kec.Larangan Kab.Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI NURUL AMELIA - Nurul Amelia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

AMELIA, NURUL. 2021.Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Tahun Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Software Anates(Studi Penelitian Kualitatif Peserta Didik Kelas XI Semester II SMK Nurul Islam Kec.Larangan Kab.Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020). Skripsi. Pendidikan matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Paridjo, M.Pd Pembimbing II Ibnu Sina, S.T., M.Pd., M.Kom Kata kunci : Analisis, Butir Soal Penilaian Akhir Tahun, menggunakan Software Anates Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mendeskripsikan tingkat kesukaran, daya pembeda, dan keefektifan pengecoh butir soal penilaian akhir tahun mata pelajaran matematika menggunakan software Anates di SMK Nurul Islam untuk menentukan kualitas soal. (2) mendeskripsikan persentase kualitas tingkat kesukaran, daya pembeda, dan keefektifan pengecoh butir soal penilaian akhir tahun mata pelajaran matematika menggunakan software Anates di SMK Nurul Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TEI 1 SMK Nurul Islam Larangan Tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Wujud data penelitian ini daftar nama peserta didik kelas XI TEI 1 SMK Nurul Islam tahun ajaran 2019/2020, soal pilihan ganda penilaian akhir tahun, lembar kunci jawaban, dan jawaban peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Software Anates. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Butir soal penilaian akhir tahun mata pelajaran matematika menggunakan Software Anates untuk tingkat kesukaran cenderung dalam kategori sukar, daya pembeda cenderung dalam kategori sangat buruk, dan untuk keefektifan pengecoh cenderung ke dalam kategori baik. (2) Dari total 40 butir soal penilaian akhir tahun dari segi tingkat kesukaran menunjukkan bahwa 6 butir soal (15%) dalam kategori sukar, terdapat 22 butir soal (55%) masuk dalam kategori sedang, dan terdapat 12 butir soal (30%) masuk dalam kategori sangat sukar. Dari segi daya pembeda, terdapat 14 butir soal (35%) kategori sangat buruk, 5 butir soal (12%) kategori buruk, 2 butir soal (5%) kategori cukup, 11 butir soal (28) kategori baik, dan 8 butir soal (20%) kategori sangat baik. Serta dari segi keefektifan pengecoh menunjukkan bahwa 8 butir soal (20%) dalam kategori kurang baik, 12 butir soal (30%) dalam kategori cukup baik, 17 butir soal (42%) dalam kategori baik, dan terdapat 3 butir soal (8%) dalam kategori sangat baik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Oct 2021 04:47
Last Modified: 03 Feb 2022 01:33
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4061

Actions (login required)

View Item View Item