DAMPAK PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA KEJENUHAN BELAJAR TERHADAP INSTABILITAS EMOSIONAL (Studi Kasus Pada Pelajar SMP di Mejabung Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal)

SIWI NURKHARISMAWANTI, . (2021) DAMPAK PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA KEJENUHAN BELAJAR TERHADAP INSTABILITAS EMOSIONAL (Studi Kasus Pada Pelajar SMP di Mejabung Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI SIWI NURKHARISMAWANTI - Siwi Nurkharismawanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

NURKHARISMAWANTI, SIWI.2021.Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Pada Kejenuhan Belajar Terhadap Instabilitas Emosional (Studi Kasus Pada Pelajar SMP di Mejabung Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal). Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Renie Tri Herdiani, M.Pd Pembimbing II : Dr. Maufur, M.Pd Kata Kunci : Pembelajaran Jarak Jauh, Kejenuhan Belajar, Instabilitas Emosional Remaja Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode pembelajaran siswa selama pembelajaran jarak jauh, tingkat kejenuhan siswa dalam menghadapi proses pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi Covid-19, dan dampak kejenuhan belajar terhadap instabilitas emosional remaja. Pelaksanaan penelitian ini berada di Mejabung Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan penelitian metode kualitatif Studi kasus. Sumber data primer yang diambil adalah Siswa SMP di Mejabung Kelurahan Panggung. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi serta catatan lapangan. Hasil dari penelitian yang dilakukan selama pembelajaran jarak jauh dirasa kurang efektif bagi siswa salah satunya adalah kejenuhan belajar. Metode yang digunakannya pun menggunakan applikasi Zoom, Google Classroom, Google Meet. Dampak dari kejenuhan belajar yaitu siswa tidak paham materi yang diberikan, capaian belajar yang menurun, dan emosional yang tidak stabil. Akibat emosi yang tidak stabil membuat siswa merasakan keresahan dan motivasi belajar yang menurun. Sulit bagi pelajar ketika melaksanakan pembelajaran ketika emosi mereka yang tidak stabil, emosi berpengaruh besar sehingga proses dan hasil belajar akan dilihat dari bagaimana mereka mengatur emosinya.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 02 Nov 2021 02:06
Last Modified: 21 Jun 2024 01:50
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4075

Actions (login required)

View Item View Item