Alvin Andriansyah, . (2021) Nilai Etika dalam Novel Seribu Wajah Ayah karya Azhar Nurun Ala dan Peranannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
ALVIN ANDRIANSYAH (PBSI) 1517500022 - Alvin Andriansyah.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ANDRIANSYAH, ALVIN. 2021.i Nilai Etika dalam Novel Seribu Wajah Ayah karya Azhar Nurun Ala dan Peranannya dalam iPembelajaran Bahasai Indonesiai dii iSMA. Skripsi.i PendidikaniBahasa idan SastraiIndonesia. Fakultasi Keguruani dani Ilmui iPendidikan, Universitasi Pancasaktii iTegal. PembimbingiI : Dr. Tri Mulyono, M.Pd. PembimbingiII : Afsun Aulia Nirmala, M.Pd. Kata Kunci : Etika, novel, peranan pembelajaran Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan nilai etika yang terkandung dalam novel Seribu Wajah Ayah karya Azhar Nurun Ala, 2) Mendeskripsikan peranan pembelajaran nilai-nilai etika pada novel Seribu Wajah Ayah karya Azhar Nurun Ala di SMA. Penelitiani inii menggunakani pendekatani kualitatif, desaini ipenelitian adalahi deskriptifi kualitatif.i Sumberi datai yaitui novel Seribu Wajah Ayah karya Azhar Nurun Ala, denganiwujud dataiberupa penggalanikata danikalimat iyang mengandunginilai etikaidalam novel.i Teknikipengumpulan dataimenggunakan teknikibaca simakidan catat.i Dataidianalisis denganianalisis deskriptifikualitatif denganipenyajian hasilianalisis secaraiinformal. Berdasarkan hasil penelitian terdapat tiga jenis nilai etika dalam novel Seribu Wajah Ayah, yaitu (1). Nilai religi berjumlah 15 data 34,88%, (2). Nilai moral berjumlah 22 data 51,16% yang terdiri dari kejujuran, tanggung jawab, kesetiaan, keberanian, kemandirian, pengorbanan, dan pantang menyerah, (3). Nilai sosial berjumlah 6 data 13,96% yang terdiri dari sikap peduli dan kerja sama. Nilai etika yang paling dominan dalam novel Seribu Wajah Ayah adalah nilai moral yang berjumlah 22 data 51,16%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai etika yang ada pada novel Seribu Wajah Ayah dapat memberikan peranan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA dan dapat dimanfaatkan oleh guru bahasa Indonesia sebagai bahan kajian dalam pembelajaran materi bahasa Indonesia kepada peserta didik di SMA Kelas XI Semester I, dengan Kompetensi Dasar (KD) 3.11 tentang Mengungkapkan Pesan dari satu buku fiksi yang dibaca. Penelitian ini diharapkan bisa bermanfaat bagi guru untuk memberikan motivasi kepada peserta didik di SMA. Penelitian ini diharapkan bisa bermanfaat untuk pembelajaran sastra Indonesia di SMA. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pembelajaran yang positif bagi peserta didik di SMA.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 02 Nov 2021 02:13 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 01:23 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4076 |
Actions (login required)
View Item |