CAMPUR KODE DALAM KIRIMAN DAN KOMENTAR PADA AKUN FACEBOOK LALA LIONTIIN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

SITI ANISAH, . (2021) CAMPUR KODE DALAM KIRIMAN DAN KOMENTAR PADA AKUN FACEBOOK LALA LIONTIIN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI_anis upload - Siti Anisah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Anisah, Siti. 2021. Campur Kode dalam Kiriman dan Komentar pada Akun Facebook Lala Liontiin dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Univer sitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Syamsul Anwar, M.Pd. Pembimbing II Afsun Aulia Nirmala, M.Pd. Kata kunci: Campur Kode, akun Lala Liontiin, pembelajaran bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan campur kode dalam kiriman dan komentar pada akun facebook Lala Liontiin dan mendeskripsikan impilkasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini berupa kalimat dalam kiriman dan komentar pada akun facebook Lala Liontiin. Wujud data dalam penelitian ini adalah kalimat campur kode dalam kiriman dan komentar pada akun facebook Lala Liontiin. Teknik penyediaan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dan baca catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif. Teknik penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat wujud campur kode yang berupa: (a) campur kode dari bahasa Indonesia dengan bahasa Jawa Tengah berjumlah 62 data, (b) campur kode dari bahasa indonesia dengan bahasa Inggris berjumlah 20 data, (c) campur kode dari bahasa jawa ngoko ke dalam bahasa jawa krama berjumlah 3 data. Penelitian campur kode dapat diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA materi teks ceramah kelas XI semester satu dengan kompetensi dasar 3.6 menganalisis isi, strukstur, dan kebahasaan dalam ceramah. Saran yang dapat penulis sampaikan, diharapkan peserta didik dapat lebih memahami kalimat campur kode dalam penyampaiannya. Bagi guru bahasa Indonesia diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pertimbangan untuk bahan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini diharapkan dapat ditindaklanjuti lagi, karena masih terdapat kalimat campur kode yang perlu dikaji dan dianalisis.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Nov 2021 02:57
Last Modified: 21 Jun 2024 01:44
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4099

Actions (login required)

View Item View Item