DWI ANISA PUTRI, . (2021) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MODUL SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES TERHADAP PENINGKATAN LITERASI SAINS SISWA Studi Kausal Komparatif pada Peserta Didik Kelas VII Semester 2 SMP Al-Qur’an Zaenuddin Kota Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021 pada Materi Pokok Pemanasan Global. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Skripsi_Dwi Anisa Putri_1817500023_2021 - Dwi Anisa Putri.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
PUTRI, DWI ANISA. 2021. Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Modul Socio-Scientific Issues Terhadap Peningkatan Literasi Sains Siswa. Skripsi. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing 1 Muriani Nur Hayati, M.Pd Pembimbing II Yuni Arfiani, M.Pd Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Modul Socio-Scientific Issues (SSI), Literasi Sains Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning berbantuan modul socio-scientific issues terhadap peningkatan literasi sains siswa dan perbedaan peningkatan literasi sains siswa antara menggunakan model problem based learning berbantuan modul socio-scientific issues dengan model problem based learning tanpa berbantuan modul socio-scientific issues. Jenis penelitian ini adalah penelitain eksperimen quasi, dengan design pretest-postest control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Al-qur’an Zaenudin tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian ini adalah peserta didik VII dikelas VII A dan VII B SMP Al-qur’an Zaenudin Tegal. Kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa instrumen tes dan non tes, instrumen tes berisi soal uji coba yang akan digunakan untuk soal pretest dan posttest, instrumen non test berisi RPP, LKPD, dan modul. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji N-Gain, dan uji t. Hasil analisis uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji N-Gain kelas eksperimen cukup efektif dengan nilai persentase rata-rata sebesar 58,79%, sehingga model problem based learning berbantuan modul socio-scientific issues cukup efektif untuk diterapkan pada pembelajaran dalam meningkatkan literasi sains siswa pada materi pemanasan global. Dan terdapat perbedaan peningkatan literasi sains siswa dengan model problem based learning berbantuan modul socio-scientific issues pada materi pemanasan global yaitu nilai uji t sebesar 0,011 atau lebih kecil dari 0,05.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 04:05 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 03:47 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4108 |
Actions (login required)
View Item |