PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN FAKTOR EKSTERNAL TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA DAN BERBICARA ANAK USIA DINI

Mohamad Putra Fadhiila Raistyanto, . (2021) PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN FAKTOR EKSTERNAL TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA DAN BERBICARA ANAK USIA DINI. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
TESIS-MOH.PUTRA FADHIILA (MAGISTER PEDAGOGI) - Mohamad Putra Fadhiila.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Mohamad Putra Fadhiila Raistyanto. 2021. Pengaruh Faktor Internal Dan Faktor Eksternal Terhadap Kemampuan Berbahasa Dan Berbicara Anak Usia Dini. Program Studi: Magister Pedagogi. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Prof. Dr. Fakhruddin, M.Pd., Pembimbing II: Dr. Yoga Prihatin, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemampuan bahasa pada proses bicara anak usia dini dengan formal assessment secara parsial dan secara simultan serta pengaruh faktor internal dan eksternal teradap kemampuan bahasa dan bicara anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen pretest dan posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah responden sebanyak 40. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes yang dibagikan kepada klien dan kuesioner yang dibagikan kepada orangtua. Data yang didapat dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil uji t dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara parsial antara faktor eksternal, internal dan penggunaan assessment yang digunakan pada bahasa dan bicara. Hasil uji F simultan menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara variabel penggunaan formal assessmenmt terhadap kemampuan bahasa dan bicara anak usia dini sebesar 56.9% serta pengaruh faktor internal sebesar 35,1% dan faktor eksternal 21,1% terhadap kemampun bahasa dan bicara anak usia dini. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan assessment dengan kemampuan bahasa dan bicara anak usia dini serta adanya faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi bahasa dan bicara anak usia dini. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan memperbanyak domain bahasa dan bicara serta responden yang digunakan dalam penelitian untuk memperoleh gambaran yang lebih luas tentang kemampuan bahasa dan bicara serta formal assessment yang digunakan. Kata Kunci: Bahasa, Bicara, Assessment

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Nov 2021 04:52
Last Modified: 03 Feb 2022 01:18
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4116

Actions (login required)

View Item View Item