AMILATUN NASIBAH, . (2021) PROFIL MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DARING (Studi Kasus Pada Beberapa SMP di Wilayah Kabupaten Brebes yang Terakreditasi A. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Skripsi_Amilatun Nasibah_1817500007_September 2021 - Amilatun Nasibah.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Nasibah,Amilatun. 2021. Profil Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Daring (Studi Kasus pada Beberapa SMP di Wilayah Kabupaten Brebes yang Terakreditasi A). Skripsi, Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal, Pembimbing I: M. Aji Fatkhurrohman,M.Pd dan Pembimbing II : Muriani Nur Hayati,M.Pd. Kata Kunci : Motivasi Belajar,Pembelajaran IPA Daring Penelitian ini dilatarbelakangi adanya perubahan sistem pembelajaran menjadi daring yang berdampak pada permasalahan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA daring yang diduga rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) tingkat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA daring, (2) profil motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA daring dan (3) kendala siswa dalam pembelajaran IPA daring. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri di Kabupaten Brebes yang terakreditasi A dengan sampel 50 peserta didik dari 5 SMP Negeri di Kabupaten Brebes yang berada di pedesaan dengan jenis pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan suvei dengan berbantuan angket. Uji Validitas menggunakan rumus korelasi pearson product mment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Analisis data menggunakan statistic hipotetik deskriptif persentase. Hasil Penelitian diperoleh tingkat motivasi belajar yang dimiliki siswa dalam pembelajaran IPA daring sudah baik dengan kategori tinggi. Profil motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA daring dengan indikator motivas belajar menunjukkan Berdasarkan hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan dari indikator motivasi belajar yaitu konsentrasi 73.35% , rasa ingin tahu 76.50%, semangat 78.50%, kemandirian 82.50%, kesiapan 81%, antusias atau dorongan 99%, pantang menyerah 91.50%, percaya diri 86,25%, pemahaman proses pembelajaran 59% dan adaptasi pembelajaran 70,87 % dengan rata-rata skor presentase 76,07% yang masuk kategori sangat baik. Kendala yang dialami siswa saat mengikuti pembelajaran IPA daring ialah terbatasnya kuota, koneksi internet yang tidak stabil, adanya distraksi ketika belajar dari rumah, kapasitas perangkat pembelajaran yang tidak memadai, sulit memahami materi pembelajaran, sulit berkomunikasi dengan teman di kelas dan bosan mengikuti pembelajaran IPA daring.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 15 Nov 2021 02:25 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 07:15 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4157 |
Actions (login required)
View Item |