PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MIND MAPPING BERBANTUAN GOOGLE MEET (VIDEO CONFERENCE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP PADA MASA PANDEMI COVID-19 Studi Kausal Komparatif pada Peserta Didik Kelas VIII Semester 2 SMP N Al- Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021 Pada Materi Pokok Pelajaran Cahaya dan Alat Optik

YULIA YONELDA, . (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MIND MAPPING BERBANTUAN GOOGLE MEET (VIDEO CONFERENCE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP PADA MASA PANDEMI COVID-19 Studi Kausal Komparatif pada Peserta Didik Kelas VIII Semester 2 SMP N Al- Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021 Pada Materi Pokok Pelajaran Cahaya dan Alat Optik. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi_Yulia Yonelda_1817500030_2017 - Yulia Yonelda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

YONELDA, YULIA. 2021. Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning dengan Mind Mapping Berbantuan Google Meet (Video Conference) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Muhammad Aji FAtkhurrohman, M.Pd. Pembimbing II Muriani Nur Hayati, M.Pd Kata Kunci : Model Discovery Learning, Mind Mapping, Hasil Belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui keefektifan model pembelajaran model pembelajaran discovery learning dengan mind mapping berbantuan google meet terhadap hasil belajar IPA peserta didik SMP dan (2) mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik SMP antara model pembelajaran discovery learning dengan mind mapping berbantuan google meet dengan model pembelajaran discovery learning tanpa mind mapping berbantuan google meet. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen, dengan design pretest-posttest control group. Sampel penelitian ini adalah peserta didik VIII dikelas VIII A dan VIII B SMP Al-Irsyad Tegal. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan sampling purposive. Penelitian ini menggunakan instrumen tes (soal pretest-postest) dan non tes (angket respon, LKPD, RPP, mind mapping). Pengujian menggunakan SPSS Versi 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) model pembelajaran discovery learning dengan mind mapping berbantuan google meet untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi cahaya dan alat optik dalam kategori cukup efektif dengan nilai persentase rata-rata sebesar 69,38 %. (2) hasil belajar peserta didik SMP dengan model pembelajaran discovery learning dengan mind mapping berbantuan google meet pada materi cahaya dan alat optik terdapat perbedaan yaitu nilai uji t sebesar 0,000 atau lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 15 Nov 2021 04:26
Last Modified: 19 Jun 2024 06:09
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4166

Actions (login required)

View Item View Item