CHOLID, . (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (Studi Penelitian Kualitatif Pada Peserta Didik Kelas X Materi Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-siku SMA N 3 Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Skripsi Full - Cholid.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
CHOLID, CHOLID. 2021. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Model Pembelajaran Discovery Learning (Studi Penelitian Kualitatif Pada Peserta Didik Kelas X Materi Perbandingan Trigonometri Pada Segitiga Siku-siku SMA N 3 Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Ahmadi, M.Si. Pembimbing II Dian Nataria Oktaviani, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Trigonometri, Discovery Learning. Permasalahan pada penelitian ini terdapat pada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada model pembelajaran Discovery Learning dan rendahnya hasil ulangan harian peserta didik pada materi trigonometri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis sub materi perbandingan trigonometri pada segitigiga siku-siku peserta didik kelas X MIPA 1 SMA N 3 Tegal. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematis, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mengoreksi hasil tes kemampuan pemahaman konsep untuk menentukan enam peserta didik dengan kemampuan pemahaman konsep matematis tinggi, sedang, dan rendah yang kemudian dilakukan wawancara terkait pembelajaran Discovery Learning dan untuk memperoleh informasi mendalam tentang hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Pemahaman konsep menjadi landasan yang penting dalam mempelajari matematika. Dengan penguasaan konsep yang baik, peserta didik memiliki bekal untuk menguasai kemampuan dasar yang lain. Hasil penelitian menunjukan tentang kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik untuk perbandingan trigonometri terutama pada segitiga siku-siku yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning masih tergolong rendah dengan persentase sebesar 41,66%. Penyebab rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis yang dialami peserta didik diantaranya adalah peserta didik kurang memahami materi yang diberikan, hal ini disebabkan karena adanya pandemi Covid-19 yang menyebabkan pola pembelajaran yang dilakukan tidak teratur. Selain itu, peserta didik juga kurang mencerna soal yang diberikan terutama pada soal berbentuk cerita atau pemecahan masalah. Saran pada penelitian adalah perlu adanya pengembangan terhadap pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan media pembelajaran, mempersiapkan proses pembelajaran yang tepat dimasa pandemi Covid-19, dan pengembangan terhadap model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dalam pengaplikasian konsep untuk memecahkan masalah matematika.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 06:55 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 03:02 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4181 |
Actions (login required)
View Item |