FIFIH ANDRIYANI, . (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING BERBANTU MEDIA ZOOM MEETING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI ERA PANDEMI COVID-19 (Studi Eksperimen Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Pagerbarang Tahun Ajaran 2020/2021 pada Materi Segitiga dan Segiempat). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
SKRIPSI - Fifih Andriyani (PMTK - 1717500025) - Fifih Andriyani.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ANDRIYANI, FIFIH. 2021. “Pengaruh Pembelajaran Daring Berbantu Media Zoom Meeting terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik (Studi Eksperimen Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Pagerbarang Tahun Ajaran 2020/2021 pada Materi Segitiga dan Segiempat)".Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Drs. Ponoharjo, M.Pd. Pembimbing II: M. Shaefur Rokhman, M.Si. Kata Kunci : Zoom Meeting, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Pembelajaran Daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajar menggunakan zoom meeting mencapai KKM melampaui 55%. (2) Apakah kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajar melalui zoom meeting lebih baik daripada peserta didik yang diajar melalui whatsapp group. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Pagerbarang Tahun Ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 9 kelas yang berjumlah 288 peserta didik. Dari populasi tersebut diambil sampel dengan menggunakan teknik probability sampling type cluster sampling dan diperoleh satu kelas eksperimen, satu kelas kontrol dan satu kelas uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumenatsi dan tes. Sedangkan analisis data penelitian ini menggunakan uji proporsi satu pihak dan uji t dua pihak dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah pserta didik yang diajar menggunakan zoom meeting dapat mencapai KKM melampaui 55%, (2) kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajar melalui zoom meeting lebih baik daripada peserta didik yang diajar melalui whatsapp group.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 17 Nov 2021 03:09 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 01:24 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4191 |
Actions (login required)
View Item |