ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL STATISTIKA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Materi Statistika dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita Kelas VIII Semester II di SMP N 1 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021)

SUCI INDAH PRATIWI, . (2021) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL STATISTIKA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Materi Statistika dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita Kelas VIII Semester II di SMP N 1 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI Suci Indah Pratiwi PMTK 1717500054 - Suci Indah Pratiwi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PRATIWI, SUCI INDAH. 2021. Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Statistika Berdasarkan Newman’s Error Analysis Ditinjau dari Disposisi Matematis (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Materi Statistika dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita Kelas VIII Semester II di SMP N 1 Pangkah Kabupaten Tahun Pelajaran 2020/2021). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I M. Shaefur Rokhman, M.Si. Pembimbing II Hj. Isnani, M.Si., M.Pd Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Disposisi Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah, Newman’s Error Analysis, Statistika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal statistika berdasarkan Newman’s Error Analysis ditinjau dari disposisi matematis kelas VIII SMP N 1 Pangkah pada pembelajaran matematika, 2) penyebab peserta didik melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal statistika berdasarkan Newman’s Error Analysis ditinjau dari disposisi matematis kelas VIII SMP N 1 Pangkah pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas VIII E SMP N 1 Pangkah Tahun Ajaran 2020/2021. Pengambilan subjek menggunakan purposive sampling dari hasil angket disposisi matematis sebanyak 8 subjek; 2 subjek kategori disposisi matematis tinggi, 3 subjek kategori disposisi matematis sedang, dan 3 subjek kategori disposisi rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: letak kesalahan peserta didik dalam (1) membaca soal, meliputi: (a) peserta didik mengerti kalimat pada soal cerita namun peserta didik tidak dapat menuliskan makna secara tepat, (b) tidak menuliskan semua makna secara tepat. (2) Memahami soal, meliputi: (a) tidak menuliskan apa yang diketahui, (b) menuliskan diketahui namun tidak sesuai dengan soal, (c) tidak menuliskan apa yang ditanyakan atau permasalahan dalam soal, (d) menuliskan apa yang ditanyakan namun tidak sesuai dengan soal. (3) Transformasi soal, meliputi: (a) menggunakan rumus kurang tepat, (b) tidak menuliskan rumus yang digunakan, (c) penulisan tata letak rumus yang kurang tepat. (4) Ketrampilan proses, meliputi: (a) kesalahan konsep, (b) kesalahan mengaplikasikan atau proses perhitungan, (c) tidak melanjutkan prosedur penyelesaian (buntu), (d) tidak menuliskan proses perhitungan. (5) Penulisan jawaban akhir, meliputi: (a) kurang tepat memberikan kesimpulan penyelesaian soal, (b) tidak menuliskan kesimpulan penyelesaian soal. Adapun faktor penyebab peserta didik mengalami kesalahan : kurang memahami soal, kurang bisa membuat pemodelan matematika, kurang bisa mengatur waktu dengan baik, tidak percaya diri, tidak mengetahui rumus yang akan digunakan, kurang teliti dan memahami proses menghitung, kurang tepat membuat kesimpulan dan tidak terbiasa membuat kesimpulan penyelesaian.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Nov 2021 03:51
Last Modified: 21 Jun 2024 02:06
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4209

Actions (login required)

View Item View Item