Rizky Margenatha, . (2021) STRATEGI KOMUNIKASI SEKOLAH DALAM MEMPERTAHANKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI (Studi Kasus SMAN 1 Brebes). [UNSPECIFIED]
Text
full skripsi (clear) - Rizky Margenatha.pdf Download (6MB) |
Abstract
Menurut UU No. 20 tahun 2003 pasal 2, “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.” Namun, semenjak pandemi masuk ke Indonesia banyak sektor turut terdampak, tak terkecuali pendidikan. Sementara itu, kualitas pendidikan di Indonesia juga makin menurun. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan study kasus – eksplanatori. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi berarti pengamatan atau peninjauan secara cermat, wawancara yaitu pengajuan pertanyaan pada narasumber tentang objek penelitian, dan dokumentasi. Berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan pendekatan study kasus dan teori komunikasi kampanye, diperolehlah hasil bahwa saat pandemi masih melanda seluruh dunia selama proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) berlangsung, SMA Negeri 1 Brebes dapat tetap bertahan dengan kebijakan-kebijakan yang telah dibuat dan diaplikasikan kepada peserta didiknya. Bahkan mereka mampu mencetak prestasi dalam beberapa perlombaan yang diselenggarakan secara online di berbagai event perlombaan. Dalam hal ini, dapat diambil kesimpulan bahwa implikasi dari strategi komunikasi sekolah melalui teori komunikasi kampanye berhasil dan dianggap efektif. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Pandemi, Pendidikan.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 22 Nov 2021 04:50 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 00:32 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4210 |
Actions (login required)
View Item |