WIRAWAN, . (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA GARIS DAN SUDUT (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Brebes pada Materi Garis dan Sudut). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
SKRIPSI NURHIDAYAH (1317500027) - Nur hidayah.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
WIRAWAN. 2021 “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP Dengan Metode Problem Based Learning Pada Garis dan Sudut. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Rizqi Amaliyakh S., M.Pd. Pembimbing II Drs. Paridjo, M.Pd. Kata kunci : Perangkat pembelajaran, Problem Based Learning, Garis dan Sudut Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran Poblem Based Learning pada materi garis dan sudut. Tujuan Penelitian untuk memperoleh perangkat pembelajaran matematika yang valid dan praktis pada perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 4 Brebes. Metode penelitian menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi 3-D, yakni Define (pendefinisian), Design (Perancangan), dan Develop (pengembangan) karena keterbatasan waktu oleh peneliti. Hasil Penelitian Pengembangan Perangkat pembelajaran matematika yang berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi garis dan sudut menunjukan pembelajaran dikembangan dengan valid dan praktis. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP dari tiga validator yaitu 84,8% dan skor rata-rata LKS dari tiga validator yaitu 88,2%. Kualitas kepraktisan Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat praktis berdasarkan skor perhitungan angket respon guru yaitu 4,5 dan memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor perhitungan angket respon siswa yaitu 3,6. Hasil yang didapatkan dari pengembangan perangkat pembelajaran Problem Based Learning pada materi garis dan sudut valid dan praktis.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 23 Nov 2021 03:44 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 01:19 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4213 |
Actions (login required)
View Item |