PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DAN GOOGLE MEET DALAM MENUNJANG PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas XII Semester Genap Materi Pokok Peluang Majemuk di SMA N 3 kota Pemalang Tahun Pelajaran 2020/2021)

Eka Wahyu Kusumawardani, . (2021) PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DAN GOOGLE MEET DALAM MENUNJANG PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas XII Semester Genap Materi Pokok Peluang Majemuk di SMA N 3 kota Pemalang Tahun Pelajaran 2020/2021). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
skripsi Eka sudah lengkap dan jadi-dikompresi - Eka Wahyu kusumawardani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

KUSUMAWARDANI, EKA WAHYU. 2021. Penggunaan Aplikasi Google classroom dan Google meet Dalam Menunjang Prestasi Belajar pesertadidik. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Rizqi Amaliyakh S., M.Pd Pembimbing II: Drs. Ponoharjo, M.Pd. Kata kunci : penggunaan, prestasi belajar, google classroom, google meet. Penelitian ini bertujuan untuk : untuk mendeskripsikan penggunaan aplikasi google classroom dan google meet dapat menunjang prestasi belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII SMA Negeri 3 Pemalang Tahun Pelajaran 2020/2021 . Penentuan narasumber yang diserahkan sepenuhnya kepada peneliti diperoleh narasumber kelas XII IPS 1 dan kelas XII IPS 3. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dari hasil tes, wawancara dengan guru dan peserta didik, angket refleksi pada akhir pertemuan,observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : penggunaan aplikasi google classroom dan google meet dapat menunjang prestasi belajar peserta didik dalam bentuk hasil tes prestasi belajar peserta didik bahwa Pada kedua kelas yaitu kelas XII IPS 1 memiliki banyak peserta didik dengan prestasi belajar tinggi sebanyak 26 peserata didik dan banyaknya jumlah peserta didik dengan prestasi belajar rendah yaitu 6 peserta didik dimana presentasi dari peserta didik yang memiliki prestasi belajar tinggi sebesar 81%. XII IPS 3 memiliki banyak peserta didik dengan prestasi belajar tinggi sebanyak 21 peserata didik dan banyaknya jumlah peserta didik dengan prestasi belajar rendah yaitu 7 peserta didik dimana presentasi dari peserta didik yang memiliki prestasi belajar tinggi sebesar 75%. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan pembelajaran dengan google classroom dan google meet dapat menunjang prestasi peserta didik ,dengan ratarata pada kelas XII IPS 1 yaitu 82,12 dan rata-rata pada kelas XII IPS 3 yaitu 84,25. Respon guru setelah penelitian yaitu guru sangat terbantu dalam pembelajaran dan respon dari peserta didik yaitu suka dan tertarik dengan penggunaan aplikasi google classroom dan google meet dalam pembelajaran. Dan penelitian ini menyempurnakan beberapa hasil penelitian sebelumnya berkaitan dengan penggunaan google classroom dan google meet.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Nov 2021 04:01
Last Modified: 20 Jun 2024 02:07
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4223

Actions (login required)

View Item View Item