PENGARUH TINGKAT LITERASI DIGITAL SISWA DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN KELAS XI AKUNTANSI KEUANGAN LEMBAGA DI SMK N 1 DUKUHTURI

SYAFIKA OLIVIA, . (2021) PENGARUH TINGKAT LITERASI DIGITAL SISWA DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN KELAS XI AKUNTANSI KEUANGAN LEMBAGA DI SMK N 1 DUKUHTURI. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SYAFIKA OLIVIA PENDIDIKAN EKONOMI - syafika olivia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

OLIVIA, SYAFIKA. 2021. Pengaruh Tingkat Literasi Digital Siswa dan Kreativitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Kelas XI Akuntansi Keuangan Lembaga Di SMKN 1 Dukuhturi. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Hj. Faridah, MSi. Pembimbing II, Neni Hendaryati, M.Pd. Kata Kunci: Tingkat Literasi Digital Siswa, Kreativitas Guru, Motivasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya (1) Tingkat litearsi digital siswa dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi keuangan kelas XI akuntansi keuangan lembaga di SMK N 1 Dukuhturi, (2) Kreativitas guru dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi keuangan kelas XI akuntansi keuangan lembaga di SMK N 1 Dukuhturi dan (3) Tingkat literasi digital siswa dan kreativitas guru dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi keuangan kelas XI akuntansi keuangan lembaga di SMK N 1 Dukuhturi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI akuntansi keuangan lembaga yang berjumlah 143 siswa dan sampel sebanyak 58 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik Proporsional Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknis pengumpulan data dengan menggunakan analisis deskriptif, regresi linear sederhana, dan analisis regresi linear berganda. Perhitungan pengujian hipotesis menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh (1) Tingkat literasi digital siswa berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi keuangan kelas XI akuntansi keuangan lembaga di SMK N 1 Dukuhturi sebesar 22,5 %, (2) Kreativitas guru berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi keuangan kelas XI akuntansi keuangan lembaga di SMK N 1 Dukuhturi sebesar 17,1%, (3) Tingkat literasi digital dan kreativitas guru berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi keuangan kelas XI akuntansi keuangan lembaga di SMK N 1 Dukuhturi sebesar 29,2%. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa tingkat literasi digital siswa dan kreativitas guru memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi keuangan kelas XI akuntansi keuangan lembaga di SMK N 1 Dukuhturi. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi informasi dan masukan bagi kepala sekolah dan para guru pada umumnya dan para guru kelas XI akuntansi keuangan pada khususnya dan seluruh pihak sekolah agar dapat menyiapkan diri sebelum mengajar dan menciptakan kondisi lingkungan yang kondusif bagi peserta didik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 26 Nov 2021 03:24
Last Modified: 21 Jun 2024 02:26
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4233

Actions (login required)

View Item View Item