ANALISIS KEMAMPUAN MATEMATIS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATRIKS BERDASARKAN TEORI APOS MELALUI GOOGLE CLASSROOM (Studi Penelitian Kualitatif Pada Peserta Didik Kelas X SMK Nasional Dukuhturi Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021)

AGUNG PRASETYO NUGROHO, . (2021) ANALISIS KEMAMPUAN MATEMATIS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATRIKS BERDASARKAN TEORI APOS MELALUI GOOGLE CLASSROOM (Studi Penelitian Kualitatif Pada Peserta Didik Kelas X SMK Nasional Dukuhturi Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Agung Prasetyo N_1717500024 (Skripsi) - Semangat Agung.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

NUGROHO, AGUNG PRASETYO. 2021. Analisis Kemampuan Matematis Terhadap Pemahaman Konsep Matriks Berdasarkan Teori APOS Melalui Google Classroom. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Ibnu Sina, ST., S.Pd., M.Kom Pembimbing II M. Shaefur Rokhman, M.Si Kata Kunci : Analisis, Kemampuan Matematis, Pemahaman Konsep, Teori APOS, Google Classroom Pembelajaran matematika di SMK Nasional Dukuhturi Tegal masih terdapat peserta didik yang keluhan kesulitan mengikuti pembelajaran online. Penelitian ini memiliki tujuan untu mengetahui kemampuan matematis dari peserta didik terhadap pemahaman konsep matriks berdasarkan teori APOS melalui Google Classroom. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan soal tes pemahaman konsep dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah 2 peserta didik dengan kemampuan matematis tinggi, 2 peserta didik dengan kemampuan matematis sedang dan 2 peserta didik dengan kemampuan matematis rendah. Subjek ditentukan berdasarkan nilai dari ujian akhir semester peserta didik pada semester 1 yang didapatkan dari guru matematika dan berdasarkan pertimbangan guru matematika. Berdasarkan hasil yang diperoleh kemampuan matematis mempengaruhi pemahaman konsep matriks peserta didik serta mempengaruhi ketercapaian pada aspek APOS. Peserta didik berkemampuan matematis tinggi memiliki pemahaman konsep baik karena memenuhi 4 indikator pemahaman konsep dan memenuhi 4 aspek APOS. Untuk peserta didik berkemampuan matematis sedang memiliki pemahaman konsep cukup baik karena memenuhi 4 indikator pemahaman konsep hanya pada 2 soal saja dan memenuhi 3 aspek APOS. Sedangkan peserta didik berkemampuan matematis rendah memiliki pemahaman konsep kurang baik karena memenuhi 4 indikator pemahaman konsep hanya pada 1 soal sajah dan lebih banyak memenuhi 1 aspek pada APOS.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Nov 2021 02:14
Last Modified: 20 Jun 2024 06:39
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4235

Actions (login required)

View Item View Item