ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII (Studi Penelitian Semester Genap di SMP Negeri 03 Larangan Tahun Pejaran 2020/2021 Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar)

Dwi Khoerun Nisa, . (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII (Studi Penelitian Semester Genap di SMP Negeri 03 Larangan Tahun Pejaran 2020/2021 Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

Full text not available from this repository.

Abstract

NISA, DWI KHOERUN, 2021. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Dengan Menggunakan Google Classroom Pada Peserta Didik Kelas VIII (Studi Penelitian Semester Genap di SMP Negeri 03 Larangan Tahun Pejaran 2020/2021 Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dian Nataria O., S. Si. M. Pd Pembimbing II Dra. Eleonora Dwi W., M. Pd Kata Kunci : Analisis, Kemampuan Komunikasi Matematis, Google Classroom Tujuan peneitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar saat pembelajaran menggunakan Google Classroom. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 03 Larangan Tahun pelajaran 2020/2021. Pengambilan subjek menggunakan purpose sampling dari nilai tes kemampuan komunikasi matematis sebanyak 6 subjek yaitu masing-masing 2 subjek dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi, 2 subjek dengan kemampuan komunikasi matematis sedang, dan 2 subjek dengan kemampuan komunikasi matematis rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan wawancara. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan komunikasi matematis untuk subjek dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi memenuhi lima indikator kemampuan komunikasi matematis. (2) subjek dengan kemampuan komunikasi matematis sedang memenuhi tiga indikator kemampuan komunikasi matematis, yaitu indikator indikator kemampuan komunikasi matematis yang sama yaitu indikator ke-1 (mampu menghubungkan benda nyata ke dalam ide matematika), indikator ke-4 (mampu memahami dan mengevaluasi ide-ide matematika dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari), dan indikator ke-5 (mampu mengkomunikasikan kesimpulan jawaban sesuai permasalahan pada soal). (3) subjek dengan kemampuan komunikasi matematis rendah memenuhi dua indikator kemampuan komunikasi matematis, yaitu indikator ke-1 (mampu menghubungkan benda nyata ke dalam ide-ide matematika) dan indikator ke-3 (mampu menjelaskan ide, situasi sehari-hari dan relasi matematika dengan gambar).

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Nov 2021 02:13
Last Modified: 20 Jun 2024 04:05
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4245

Actions (login required)

View Item View Item