ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN PROGRAM LINEAR (Studi Penelitian Pada Siswa Kelas X Semester Genap SMK Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2020/2021)

SRI LINDA MILASARI, . (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN PROGRAM LINEAR (Studi Penelitian Pada Siswa Kelas X Semester Genap SMK Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2020/2021). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

Full text not available from this repository.

Abstract

Milasari, Sri Linda. 2021. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif ditinjau dari Self Confidence dalam Menyelesaikan Permasalahan Program Linear (Studi Penelitian pada Siswa Kelas X Semester Genap SMK Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2020/2021). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Hj. Isnani, M.Si., M.Pd., Pembimbing II Dian Nataria Oktaviani., S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif, Self Confidence, Program Linear. Kemampuan berpikir kreatif siswa tergolong masih rendah, hal ini terlihat dari siswa memiliki sedikit gagasan dalam menyelesaikan masalah dan mengalami kesulitan pada saat menyelesaikan masalah non routin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki siswa jika ditinjau dari self confidence pada permasalahan program linear. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X TKRO 1 semester 2 SMK Negeri 1 Bulakamba tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 36 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel diambil sebanyak 6 siswa berdasarkan nilai angket self confidence dipilih 2 siswa dengan self confience tinggi, 2 siswa dengan self confidence sedang, dan 2 siswa dengan self confidence rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan wawancara. Data dianalisis dengan tahapan yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator kemampuan berpikir kreatif kelancaran (fluency) terpenuhi ditinjau dari self confidence kategori tinggi, sedang, dan rendah. Indikator kemampuan berpikir kreatif keluwesan (flexibillity) terpenuhi ditinjau dari self confidence kategori rendah. Indikator kemampuan berpikir kreatif kebaruan (original) tidak mampu terpenuhi ditinjau dari self confidence tinggi, sedang, dan rendah. Dan indikator kemampuan berpikir kreatif elaborasi (elaboration) terpenuhi ditinjau dari self confidence kategori tinggi, sedang, dan rendah.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Nov 2021 04:02
Last Modified: 21 Jun 2024 02:03
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4248

Actions (login required)

View Item View Item