ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DARING (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP N 3 Larangan Tahun Pelajaran 2020/2021 Pada Materi Kubus dan Balok)

Rizka Tri Meisari, . (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DARING (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP N 3 Larangan Tahun Pelajaran 2020/2021 Pada Materi Kubus dan Balok). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI RIZKA TRI MEISARI - Rizka Tri Meisari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

MEISARI, RIZKA TRI. 2021. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Daring. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Paridjo, M.Pd Pembimbing II Ahmadi, M.Si Kata kunci : Analisis, Kemampuan Komunikasi Matematis, Problem Based Learning, Daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan materi kubus dan balok, (2) Mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik secara tertulis pada materi kubus dan balok menggunakan model Problem Based Learning dalam pembelajaran daring, dan (3) Mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik secara lisan pada materi kubus dan balok menggunakan model Problem Based Learning dalam pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII F SMP N 3 Larangan Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan wawancara. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan materi kubus dan balok adalah sebagian peserta didik mengalami kesulitan dalam mengubah bahasa sehari-hari ke dalam bahasa matematika dan mengalami kesulitan untuk memahami soal cerita. (2) Kemampuan komunikasi matematis tulis untuk subjek dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi memenuhi lima indikator, subjek dengan kemampuan komunikasi matematis sedang mampu memenuhi tiga indikator, dan subjek dengan kemampuan komunikasi matematis rendah hanya mampu memenuhi dua indikator. (3) Kemampuan komunikasi matematis lisan untuk subjek dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi memenuhi lima indikator, subjek dengan kemampuan komunikasi matematis sedang juga mampu memenuhi lima indikator, dan subjek dengan kemampuan komunikasi matematis rendah hanya mampu memenuhi tiga indikator.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Nov 2021 07:26
Last Modified: 02 Feb 2022 07:41
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4252

Actions (login required)

View Item View Item