EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ (QUIZ) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS X SMK NU 1 SLAWI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

NUR FITRIANI, . (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ (QUIZ) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS X SMK NU 1 SLAWI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI PDF NUR FITRIANI - Nur Fitriani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

FITRIANI, NUR. 2021. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz (Quiz) Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X SMK NU 1 Slawi Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal Pembimbing I Neni Hendaryati, M.Pd Pembimbing II Dr. Beni Habibi, M.Pd Kata Kunci : Efektivitas Media Pembelajaran Quizizz (Quiz), Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) efektivitas penggunaan media pembelajaran Quizizz (Quiz) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi 2021 (2) efektivitas penggunaan media pembelajaran Quizizz (Quiz) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi (3) efektivitas penggunaan media pembelajaran Quizizz (Quiz) terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X AKL (Akuntansi dan Keuangan Lembaga) di SMK NU 1 Slawi yang berjumlah 83 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik Sampel Jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Manova dengan taraf signifikasi 5%, yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran Quizizz (Quiz) efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan rata-rata motivasi belajar kelas kontrol (2) media pembelajaran Quizizz efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol (3) Hasil uji manova pada motivasi belajar dan prestasi belajar memperoleh nilai Sign. sebesar 0,027 dimana 0,027 < 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya media pembelajaran Quizizz (Quiz) dilihat dari motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas x SMK NU 1 Slawi efektif digunakan. Adapun saran untuk guru dalam upaya meningkatkan motivasi belajar serta prestasi belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar, hendaknya guru lebih bervariasi dalam memberikan penggunaan media pembelajaran untuk memberikan suasana baru bagi peserta didik salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran Quizizz (Quiz). Sedangkan bagi siswa harus lebih rajin belajar serta berusaha menyesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang pesat.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 01 Dec 2021 06:47
Last Modified: 02 Feb 2022 07:39
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4256

Actions (login required)

View Item View Item