KO’AIDAH, . (2021) PENGARUH PENERAPAN TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR DALAM MEMBACA DAN MENULIS PADA SISWA SD NEGERI KABUPATEN PEMALANG. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
TESIS KOAIDAH - 2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Ko’aidah. 2021. “Pengaruh Penerapan Teori Belajar Behavioristik terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar dalam Membaca dan Menulis pada Siswa SD Negeri Kabupaten Pemalang.” Tesis, Program Studi Magister Pedagogi, Program Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal. Kata Kunci: Teori Belajar Behavioristik, Motivasi dan Prestasi Belajar, Membaca dan Menulis. Pengetahuan tentang psikologi diperlukan dalam dunia pendidikan karena dunia pendidikan menghadapi peserta didik yang unik dilihat dari segi perilaku, kepribadian, perhatian, motivasi, dan berbagai aspek psikologi lainya yang berbeda antara individu satu dengan individu lain. Pada diri peserta didik terdapat kekuatan psikologi yang menjadi penggerak untuk belajar. Siswa belajar karena didorong oleh kekuatan mentalnya. Kekuatan mental itu berupa keinginan, perhatian dan motivasi. Dalam kegiatan belajar mengajar, peran motivasi yang diberikan oleh guru sangat diperlukan bagi para siswa. Motivasi mampu mengembangkan kegiatan dan inisiatif siswa, mengarahkan dan memelihara ketekunan dalam kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sekaligus menerapkan teori Behavioristik dan prinsip-prinsip pembelajaran terhadap motivasi membaca dan menulis siswa kelas 5 (lima) di 6 (enam) sekolah dasar meliputi; (1) Kecamatan Taman; SDN 02 Taman, SDN 04 Taman, SDN 05 Taman, dan (2) SDN Kecamatan Pemalang; SDN 01 Wanamulya, SDN 02 Wanamulya, SDN 03 Wanamulya. Penulis memfokuskan penelitian ini pada; Pengaruh penerapan teori belajar Behavioristik terhadap motivasi dan prestasi belajar anak kelas 5 SD Negeri Kabupaten Pemalang, Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas 5 SD Negeri Kabupaten Pemalang, dan Hasil prestasi belajar yang diperoleh siswa kelas 5 SD Negeri Kabupaten Pemalang dalam penerapan teori Behavioristik. Pada penelitian ini menggunakan teori inti tentang Psikologi Behavioristik yang diterapkan pada motivasi dan prestasi belajar dalam membaca dan menulis siswa SD Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini, terdapat tiga variabel penelitian yaitu (1) variabel bebas (X) adalah penerapan teori belajar behavioristik, (2) variabel perantara/faktor (Y) adalah motivasi belajar, dan (3) variabel terikat (Z) adalah prestasi belajar dalam membaca dan menulis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 SD Negeri Kabupaten Pemalang, sedangkan sampelnya adalah enam sekolah dasar negeri di dua kecamatan. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh penulis ditemukan pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan teori belajar behavioristik terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa. Adapun besaran nilai signifikansi adalah sebesar 0.000. Pemberian stimulus dari guru tersebut akan menimbulkan berbagai ix bentuk respon belajar salah satunya adalah motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 01 Dec 2021 07:06 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 07:38 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4258 |
Actions (login required)
View Item |