ANALISIS KESALAHAN MATEMATIS PESERTA DIDIK YANG MUKIM DI PESANTREN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VIII C SMP Takhassus Al-Qur’an Tarub Tahun Ajaran 2020/2021 Materi Bangun Ruang Sisi Datar)

LILA SABTIYALA HUZAINI, . (2021) ANALISIS KESALAHAN MATEMATIS PESERTA DIDIK YANG MUKIM DI PESANTREN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VIII C SMP Takhassus Al-Qur’an Tarub Tahun Ajaran 2020/2021 Materi Bangun Ruang Sisi Datar). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI Lila SabtiyalaHuzaini PMTK 1717500036 - Lila Huzaini.docx
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

HUZAINI, LILA SABTIYALA. 2021. Analisis Kesalahan Matematis Peserta Didik Yang Mukim Di Pesantren dalam Menyelesaikan Masalah Matematika (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VIII C SMP Takhassus Al-Qur’an Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2020/2021 Materi Bangun Ruang Sisi Datar). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Shaefur Rokhman, M.Si. Pembimbing II Wikan Budi Utami, M.Pd. Kata kunci: Kesalahan Matematis, Masalah Matematika, Newman Procedure. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Kesalahan Matematis Peserta didik yang mukim di pesantren dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan Newman Procedure pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Takhassus Al-Qur’an Tarub, 2) penyebab peserta didik yang mukim di pesantren melakukan kesalahan matematis dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan Newman Procedure pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Takhassus Al-Qur’an Tarub. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik yang mukim di pesantren kelas VIII C SMP Takhassus Al-Qur’an Tarub Tahun Ajaran 2020/2021. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling dari hasil tes pemecahan masalah matematika sebanyak enam subjek dengan kriteria tinggi, sedang rendah masing-masing dua subjek. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: kesalahan matematis peserta didik dalam (a) membaca soal; tidak ada peserta didik yang melakukan kesalahan membaca soal. (b) memahami soal, meliputi: Peserta didik tidak menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada soal. (c) transformasi soal, meliputi: Peserta didik kurang tepat dalam menuliskan rumus untuk menyelesaikan soal. (d) keterampilan proses, meliputi: Peserta didik salah dalam menghitung operasi pada proses penyelesaian, Peserta didik salah menuliskan rumus . (e) penulisan jawaban akhir, meliputi: Peserta didik salah menuliskan kesimpulan jawaban, peserta didik tidak menuliskan kesimpulan jawaban. Penyebab peserta didik melakukan kesalahan matematis antara lain kurang teliti dalam mengerjakan, mengantuk dalam mengerjakan, kurang fokus memperhatikan penjelasan dari guru. Adapun saran untuk peserta didik agar banyak mengerjakan latihan soal agar lebih terampil dan meminimalisir kesalahan matematis yang dilakukan.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Dec 2021 07:07
Last Modified: 02 Feb 2022 07:33
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4278

Actions (login required)

View Item View Item