ANALISIS BERFIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KUBUS DAN BALOK (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP Takhassus Al- Quran Tarub Tahun Pelajaran 2020/2021)

Uyun Faiqotuz Zulfa, . (2021) ANALISIS BERFIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KUBUS DAN BALOK (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP Takhassus Al- Quran Tarub Tahun Pelajaran 2020/2021). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi Uyun Faiqotuz Zulfa PMTK 1717500052 - Uyun Faiqotuz Zulfa.docx
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ZULFA, UYUN FAIQOTUZ. 2021. Analisis Berfikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok. Skripsi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Hj.Isnani, M.Si., M.Pd. Pembimbing II Wikan Budi Utami, M.Pd Kata kunci: Analisis, Berfikir Kreatif Matematis, Bangun Ruang Sisi Datar, Kubus dan Balok. Penelitian ini dilatar belakangi oleh padatnya kegiatan di pondok pesantren Al-Amin dan dari hasil observasi dengan guru dan siswa SMP Takhassus Al-Quran Tarub saat ini kemampuan berfikir kreatif matematika siswa rendah dan siswa mengalami kesulitan pada materi bangun ruang sisi datar terutama kubus dan balok sehingga penelitian ini mempunyai tujuan yaitu mendeskripsikan berfikir kreatif matematis siswa yang tinggal di pondok pesantren pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok di kelas VIIID SMP Takhassus Al-Quran Tarub tahun ajaran 2020/2021 dengan tingkat kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 28 siswa kelas VIIID SMP Takhassus Al-Quran Tarub tahun pelajaran 2020/2021. Pengambilan subjek menggunakan purposive sampling dari nilai tes tertulis berfikir kreatif matematis sebanyak 6 subjek yaitu 2 subjek dari tingkat kemampuan tinggi, 2 subjek dari tingkat kemampuan sedang, dan 2 subjek dari tingkat kemampuan rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan deskripsi hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berfikir kreatif matematis tinggi dapat mencapai tingkat berfikir kreatif 3 (kreatif) dengan memenuhi 3 indikator yaitu Kelancaran (fluency), Keaslian (authenticity), dan Elaborasi (elaboration), (2) kemampuan berfikir kreatif matematis sedang dapat mencapai tingkat berfikir kreatif 2 (cukup kreatif) dengan memenuhi 2 indikator yaitu Keaslian (authenticity) dan Elaborasi (elaboration), dan (3) kemampuan berfikir kreatif matematis rendah dapat mencapai tingkat berfikir kreatif 2 (cukup kreatif) dengan memenuhi 2 indikator yaitu keaslian (authenticity) dan Elaborasi (elaboration).

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Dec 2021 02:06
Last Modified: 20 Jun 2024 02:18
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4281

Actions (login required)

View Item View Item