ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF BERDASARKAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS VIII SMP N 1 KRAMAT Studi Kausal Komparatif pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP N 1 Kramat Tahun 2020/2021 pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar SKRIPSI Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Dalam Rangka Penyelesaian Studi Strata Satu Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan

DARYANTO, . (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF BERDASARKAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS VIII SMP N 1 KRAMAT Studi Kausal Komparatif pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP N 1 Kramat Tahun 2020/2021 pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar SKRIPSI Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Dalam Rangka Penyelesaian Studi Strata Satu Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF - Pak Daryanto.docx
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

DARYANTO. 2021. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Berdasarkan Soal Cerita Matematika. Skripsi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Hj. Isnani, M.Si., M,Pd. Pembimbing II Wikan Budi utami, M.Pd. Kata kunci: Analisis, Kemampuan Berpikir Kreatif Berdasarkan Soal Cerita Matematika. Penelitian ini bertujuan guna: mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaikan soal cerita matematika peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar, dan Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 32 peserta didik kelas VIII G SMP N 1 Kramat tahun pelajaran 2020/2021. Adapun sebelum menentukan subjek penelitian sebanyak 6 peserta didik dengan kategori rendah, sedang dan tinggi, yang direkomendasikan guru yaitu masing-masing 2 subjek dengan kemampuan berpikir kreatif matematis tinggi,sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Kemampuan berpikir kreatif matematis tinggi yaitu Subjek T-1 dan T-2 dapat mencapai tingkat kemampuan berpikir kreatif 4 (sangat kreatif) dan kreatif 3 (kreatif). Kemampuan berpikir kreatif matematis sedang yaitu Subjek S-1 dan S-2 dapat mencapai tingkat kemampuan berpikir kreatif 3 (kreatif) dan kreatif 1 (kurang kreatif) Kemampuan berpikir kreatif rendah yaitu Subjek R-1 dan R-2 dapat mencapai tingkat kemampuan berpikir kreatif 3(kreatif) dan kreatif 0 (tidak kreatif).Kemampuan berpikir kreatif matematis tinggi yaitu Subjek T-1 dapat mencapai skor 58,33, sedangkan Subjek T-2 mencapai skor 47,91. Kemampuan berpikir kreatif matematis sedang yaitu subjek S-1 dapat mencapai skor 47,91 sedangkan Subjek S-2 mencapai skor 41,66. Kemampuan berpikir matematis rendah yaitu Subjek R-1 dapat mencapai skor 47,91 sedangka Subjek R-2 hanya mencapai skor 33,33.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Dec 2021 07:28
Last Modified: 20 Jun 2024 02:33
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4304

Actions (login required)

View Item View Item