EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DISKALKULIA KELAS VIII DI SMP IT DAAR AL-FARADIS BERBASIS PESANTREN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL

ESKA AYU NURSALAMAH, . (2021) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DISKALKULIA KELAS VIII DI SMP IT DAAR AL-FARADIS BERBASIS PESANTREN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI ESKA AYU NURSALAMAH (FINISH) - Neng Ayu.docx
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

AYU NURSALAMAH, ESKA. 2021. Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Diskalkulia Kelas VIII di SMP IT Daar Al-Faradis Berbasis Pesantren Adiwerna Kabupaten Tegal. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Mulyani, M.Pd. Pembimbing II : Dr. Hanung Sudibyo, M.Pd. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing, Motivasi Belajar Siswa Diskalkulia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa diskalkulia sebelum diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing, sesudah diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing dan efektif atau tidaknya layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan motivasi belajar siswa diskalkulia. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP IT Daar Al-Faradis Berbasis Pesantren Adiwerna Kabupaten Tegal sebanyak 31 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel diambil sebanyak 19 siswa yang diperoleh dari data Guru Mata Pelajaran Matematika. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain penelitian menggunakan one group pre-test and post-test design. Adapun pengumpulan data berupa teknik angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan uji prasyarat penelitian validitas dan reliabilitas menggunakan program SPSS for windows 21.0. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik uji – t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, berdasarkan rata-rata hasil ¬pre-test adalah 88,1053 dari 19 responden. Sedangkan rata-rata hasil post-test adalah 102,9474 dari 19 responden. Hal ini menunjukkan bahwa hasil post-test lebih baik daripada hasil ¬pre-test. Selanjutnya dari hasil uji t-test diperoleh nilai thitung sebesar 13,167. Kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan N-1 atau 19-1 = 18 diperoleh ttabel 2,101. Dikarenakan nilai thitung 13,167 > ttabel 2,101 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa diskalkulia kelas VIII di SMP IT Daar Al-Faradis Berbasis Pesantren Adiwerna Kabupaten Tegal. Adapun saran yang diajukan kepada siswa diharapkan dapat meningkatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing, agar motivasi belajar siswa diskalkulia dapat meningkat.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Dec 2021 03:52
Last Modified: 20 Jun 2024 01:59
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4329

Actions (login required)

View Item View Item