ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PERBANDINGAN DI SMP NEGERI 1 ADIWERNA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

VIOLA NANDA HABIBA, . (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PERBANDINGAN DI SMP NEGERI 1 ADIWERNA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI_VIOLA NANDA HABIBA_PMTK_1717500045 - Viola Nanda Habiba.docx
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Viola Nanda Habiba. 1717500045. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Perbandingan di SMP Negeri 1 Adiwerna Tahun Pelajaran 2020/2021”. Skripsi. Pendidikan Matematika. FKIP, Universitas Pancasakti Tegal, 2021. Soal cerita dapat digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam memecahkan suatu masalah matematika. Banyak tidaknya kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika dapat menjadi tolak ukur seberapa jauh pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan. Dari kesalahan yang dilakukan oleh siswa tersebut, dapat ditelusuri lebih lanjut mengenai jenis kesalahan dan factor penyebab kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan dan factor penyebabnya. Peneliti menggunakan prosedur Newman untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Kesalahan berdasarkan prosedur Newman yaitu kesalahan membaca, kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi masalah, kesalahan proses dan kesalahan pengkodean. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Adiwerna. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian yaitu kesalahan membaca sebanyak 21,875% penyebabnya adalah tidak fokus, tidak memahami soal dan kurang teliti, kesalahan memahami masalah sebanyak 21,875% penyebabnya adalah tidak fokus, tidak memahami soal dan kurang teliti, kesalahan transformasi masalah sebanyak 28,125% penyebabnya adalah siswa tidak mampu mengubah satuan ke satuan yang lain dan tidak memahami rumus, kesalahan proses sebanyak 28,125% penyebabnya adalah kurang teliti saat menghitung dan tidak fokus, kesalahan pengkodean sebanyak 28,125% yang penyebabnya adalah kurang teliti. Kata Kunci: Analisis Kesalahan Siswa, Prosedur Newman, Soal Cerita Materi Perbandingan

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 03 Jan 2022 07:10
Last Modified: 02 Feb 2022 06:54
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4398

Actions (login required)

View Item View Item