INDI RAHMAYANI, . (2021) CAMPUR KODE PADA PIDATO USTAZAH MUMPUNI HANDAYAYEKTI DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
INDI RAHMAYANI SKRIPSI TAHUN 2021 - Indi Rahmayani.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Rahmayani,Indi. 2021. Campur Kode pada Pidato Ustazah Mumpuni Handayayekti di Media Sosial yuoutube dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Leli Triana,S.S.,M.Pd. Pembimbing II : Agus Riyanto,M.Pd. Kata Kunci: Campur kode, implikasi pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan jenis campur kode pada pidato ustazah Mumpuni Handayayekti di media sosial youtube, 2) Mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya campur kode pada pidato ustazah Mumpuni Handayayekti di media sosial youtube, 3) Mendeskripsikan hasil implikasi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan pada pidato ustazah Mumpuni Handayayekti di media sosial youtube. Wujudnya berupa tuturan langsung berbentuk teks yang mengandung campur kode pada pidato ustazah Mumpuni Handayayekti di media sosial youtube serta implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Teknik penyediaan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Pada penelitian ini teknik analisis data menggunakan metode padan Intralingual dengan teknik hubung banding menyamakan hal pokok (HBSP). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat campur kode pada tuturan pidato ustazah Mumpuni Handayayekti di media sosial youtube. Adapun jenisnya antara lain, (1) penyisipan nomina, (2) penyisipan verba, (3) penyisipan reduplikasi, (4) penyisipan ungkapan/idiom, (5) penyisipan baster, dan (6) penyisipan klausa. Penelitian ini dapat diterapkan pada siswa kelas X semester II untuk pembelajaran menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan maupun tulis. Saran dari peneliti hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu pembaca dalam bidang kajian sosiolinguistik agar dapat digunakan sebagai pijakan penelitian selanjutnya.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 02:57 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 06:51 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4406 |
Actions (login required)
View Item |