HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANG TUA, MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING

GRISTIANA DWI PRANSISKA, . (2021) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANG TUA, MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi Fix Gristiana-dikonversi - Gristiana Dwi Pransiska.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

DWI PRANSISKA, GRISTIANA. 2021. Hubungan Antara Dukungan Orang Tua, Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar dalam Pembelajaran Matematika secara Daring. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi W, M.Pd Pembimbing II Wikan Budi Utami, M.Pd Kata Kunci : Dukungan Orang Tua, Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, MMM Prestasi Belajar, Pembelajaran Matematika, Daring Penelitian bertujuan (1) untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara dukungan orang tua dengan prestasi belajar dalam mengikuti pembelajaran matematika secara daring. (2) untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar dalam mengikuti pembelajaran matematika secara daring. (3) untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar dalam mengikuti pembelajaran matematika secara daring. (4) untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara dukungan orang tua, motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar dalam mengikuti pembelajaran matematika secara daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 1 Brebes tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 222 siswa terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian dengan teknik cluster random sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 111 siswa terdiri dari kelas VII A, kelas VII D dan kelas VII E. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji prasyarat analisis (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis. Uji hipotesis menggunakan analisis dengan uji korelasi. Uji korelasi digunakan untuk mengetahui apakah antara dua variabel atau lebih memiliki hubungan atau tidak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Hasil Korelasi Pearson diperoleh 0.156 dengan taraf signifikansi 5% Karena thitung > ttabel yaitu 1.628 > 0.975 maka ada hubungan antara dukungan orang tua dengan prestasi belajar. (2) Hasil Korelasi Pearson diperoleh 0.358 dengan taraf signifikansi 5% yaitu thitung > ttabel yaitu 4.041 > 0.975 maka ada hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar. (3) Hasil Korelasi Pearson diperoleh 0.502 dengan taraf signifikansi 5% yaitu thitung > ttabel yaitu 6.059 > 0.975 maka ada hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar. (4) Dengan taraf signifikansi 5% yaitu Fhitung > Ftabel yaitu 6.28 > 2.69 maka ada hubungan antara dukungan orang tua, motivasi belajar dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Jan 2022 03:24
Last Modified: 13 Jun 2024 04:07
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4413

Actions (login required)

View Item View Item