ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK PADA MATERI STATISTIKA YANG DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap MTS NU Suradadi 03 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021)

Siti Rokhimi, . (2021) ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK PADA MATERI STATISTIKA YANG DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap MTS NU Suradadi 03 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi Rokhimi - Siti Rokhimi .31.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ROKHIMI, SITI. 2021.Analisis Kesulitan Peserta Didik Pada Materi Statistika Yang Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran Project Based Learning. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Hj. Isnani, M.Si.,M.Pd. Pembimbing II Drs. Ponoharjo, M.Pd. Kata Kunci: Analisis, Kesulitan, Kemampuan Berpiki Kreatif, Project Based Learning. Kesulitan peserta didik pada materi statistika tergolong tinggi, hal ini terlihat peserta didik dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan apa saja kesulitan peserta didik pada materi statistika , dan (2) mendeskripsikan faktor-faktor kesulitan peserta didik pada materi statistika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripsi kualitatif. Subjek penelitian adalah 28 peserta didik kelas VIII MTS NU 03 Suradadi Kabupaten Tegal tahun Ajaran 2020/2021. Pengambilan subjek menggunakan purposive sampling dari nilai tes kesulitan dan kemampuan berpikir kreatif sebanyak 6 subjek yaitu masing-masing 2 dengan kesulitan dan kemampuan berpikir kreatif tinggi, 2 subjek dengan kesulitan dan kemampuan berpikir kreatif sedang, dan 2 subjek dengan kesulitan dan kemampuan berpikir kreatif rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kesulitan peserta didik yang ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif tinggi, yaitu miliki kesulitan yang hanya kurang tepat dan lengkap namun sudah memenuhi indikator.kesulitan peserta didik yang ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif sedang, yaitu memiliki kesulitan beberapa indikator kesulitan pada materi statistika. Kesulitan peserta didik yang ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif rendah, yaitu memiliki kesulitan semua indikator kesulitan pada materi statistika.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Jan 2022 03:38
Last Modified: 21 Jun 2024 03:00
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4416

Actions (login required)

View Item View Item