ANANDA SRI UTAMI, . (2021) ANALISIS. KESALAHAN PESERTA.DIDIK DALAM.MENYELESAIKAN SOALVMATEMATIKA MATERIVLINGKARAN KELASMVIII SMP MUHAMMADIYAH BANJARATMA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Skripsi Ananda Sri Utami - Ananda Sri Utami.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Sri Utami, Ananda. 2021. Analisis KesalahanKPeserta Didik Dalam Menyelesaiakan Soal Matematika Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Muhammadiyah Banjaratma Tahun Ajaran 2020/2021. SkripsiSPendidikanMMatematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I M. Shaefur Rokhman, M.Si Pembimbing II Drs. Suwandono, M.Pd. Kata Kunci: Analisis, Kesalahan, menyelesaikan soal, Lingkaran Penelitianyini bertujuan: 1) menganalisis kesalahantyang dilakukankoleh peserta didik dalammmenyelesaikan soal matematika materiklingkaran kelas VIII, dan 2) menganalisis faktor-faktorlpenyebab pesertahdidik mengalamai kesalahan dalam menyelesaikandsoal matematika matematika materiglingkaran kelas VIII Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 24 peserta didik kelas VIII SM Muhammadiyah Banjaratma tahun ajaran 2020/2021. Pengambilan subjek menggunakan purposive samling dari nilai tes sebanyak 6 subjek yaitu masing-masing 2 peserta didik yang mendapat nila tinggi, 2 peserta didik yang mendapat nilai sedang, dan 2 peserta didik yang mendapat nilaikrendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Hasilhpenelitian inigmenunjukkan bahwa 1) Kesalahan yangadilakukan peserta didik yaitu (a) Kesalahan fakta sebesar 36,67%, (b) Kesalahan konsep sebesar 56,67%, (c) kesalahan prinsip sebesar 50%, dan (d) Kesalahan prosedur sebesar 36,67%. 2) faktor-faktor yangumenyebabkan peserta didik mengalami kesulitan belajar matematika pada materi lingkaran yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu (a) sikapodalam belajar, (b) motivasiubelajar, (c) kesehatanhtubuh, (d) kemampuan pengindraan, (e) kemampuan mengingat. Sedangkan faktor eksternal yaitu (a) lingkungan keluarga. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi kesulitan belajar matematika materi lingkaran adalah (a) memberikan latihan soal, (b) melakukan pembelajaran yangrinovatif dan kreatif, (c) gurutmemberikan bimbingan untuk peserta didik yangYmengalami kesulitanIbelajar, (d) peserta didik diberikan motivasi, dan (e) mengadakan remedial bagi peserta didik yang nilainya belumymencapai KKM.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 03:48 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 07:17 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4419 |
Actions (login required)
View Item |