Nike Anggun Diniarti, . (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 2 Dukuhturi Tahun ajaran 2020/2021 pada Materi Pokok Operasi Aljabar). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Nike Anggun Diniarti - jipeng sung.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
NIKE ANGGUN DINIARTI. 2021. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi WhatsApp Dalam Pembelajaran Matematika terhadap Prestasi Dan Minat Belajar Peserta Didik (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 2 Dukuhturi Tahun ajaran 2020/2021 pada Materi Pokok Operasi Aljabar)”. Skripsi. Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Ponoharjo, M.Pd., Pembimbing II : Wikan Budi Utami, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas, Aplikasi WhatsApp, Prestasi dan Minat Belajar Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prestasi dan minat belajar pada peserta didik di kelas VII SMP Negeri 2 Dukuhturi dengan materi operasi aljabar melalui pembelajaran aplikasi WhatsApp dengan Video Youtube. 1) Untuk mendeskripsikan pembelajaran melalui aplikasi WhatsApp dengan video Youtube dapat mencapai KKM 70 melampaui 60%. 2) Untuk mendeskripsikan prestasi belajar peserta didik melalui aplikasi WhatsApp dengan video Youtube lebih baik daripada prestasi belajar melalui aplikasi WhatsApp Group. 3) Untuk mendeskripsikan minat belajar peserta didik melalui aplikasi WhatsApp dengan video Youtube lebih baik daripada minat belajar melalui aplikasi Whatsapp Group. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 2 Dukuhturi Tahun Pelajaran 20120/2021 yang berjumlah 255 peserta didik. Dari populasi diambil sampel dengan teknik cluster random sampling dan terpilih kelas VII C eksperimen dan VII D kontrol serta VII B uji coba. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi ,tes dan angket. Instrumen tes prestasi belajar yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan Instrumen angket minat yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji proporsi dan uji t satu pihak kanan. Hasil penelitian peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran aplikasi WhatsApp dengan video Youtube terhadap prestasi dan minat belajar peserta didik. 1) Pembelajaran melalui aplikasi WhatsApp dengan video Youtube dapat mencapai KKM 70 melampaui 60%. 2) Prestasi belajar peserta didik melalui aplikasi WhatsApp dengan video Youtube lebih baik daripada prestasi belajar melalui aplikasi WhatsApp Group. 3) Minat belajar peserta didik melalui aplikasi WhatsApp dengan video Youtube lebih baik daripada minat belajar melalui aplikasi Whatsapp Group.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 04:06 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 06:31 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4423 |
Actions (login required)
View Item |