PENYUSUNAN TES KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Studi Deskriptif Eksploratif pada Materi Trigonometri Kelas X Semester II di SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2018/2019)

ATRIKA RIFKIA NIRASARI, . (2021) PENYUSUNAN TES KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Studi Deskriptif Eksploratif pada Materi Trigonometri Kelas X Semester II di SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2018/2019). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Penyusunan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika - Atrika 48.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

NIRASARI, ATRIKA RIFKIA.2021. Penyusunan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah pada pembelajaran Matematika (Studi Deskriptif Eksploratif pada Materi Trigonometri Kelas X Semester II di SMA Negeri 3 Brebes Tahun Ajaran 2018/2019).Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Purwo Susongko, M.Pd Pembimbing II : Ahmadi S.Pd., M.Si Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Instrumen Tes Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan instrumen tes dan kualitas instrumen tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah pada materi trigonometri dalam pelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 1 di SMA Negeri 3 Brebes tahun ajaran 2018/2019. Adapun cara pengambilan data yaitu menggunakan teknik tes, angket, lembar validasi instrumen dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan kriteria kualitas instrumen tes. Instrumen tes kemampuan pemecahan masalah memenuhi kriteria validitas yaitu dengan melihat hasil dari hasil CVR dengan nilai 1 dan CVI dengan hasil 1 yang termasuk dalam interpretasi yang sangat sesuai, artinya seluruh butir soal tes valid kemudian instrumen tes memenuhi kriteria angket respon peserta didik yaitu pada one-to-one 87% peserta didik merespon positif dan pada small group 94% peserta didik merespon positif. Instrumen tes kemampuan pemecahan masalah juga memenuhi kriteria reliabilitas yaitu 0,6 dengan kriteria reliabilitas tinggi. Tingkat kesukaran instrumen memperoleh rata-rata 0,536 yang termasuk dalam kategori sedang, yaitu berkisar 0,31-0,70. Kemudian rata-rata daya beda yang diperoleh adalah 0,30 dengan kategori cukup. Oleh karena itu, pengembangan istrumen tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalahmencapai kualitas instrumen yang baik dengan memenuhi kriteria valid dan reliabel serta memnuhi kriteria tingkat kesukaran dan daya beda. Adapun saran yang diajukan untuk peserta didik supaya lebih aktif dalam proses pembelajaran, sehingga dapat menghasilkan hasil yang lebih maksimal. Kepada guru disarankan untuk lebih kreatif dan variatif dalam menyusun soal tes. Kepada orang tua disarankan untuk memperhatikan anak saat belajar dan memberikan bimbingan dan semangat kepada anak untuk meningkatkan kemampuan matematika.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:09
Last Modified: 20 Jun 2024 06:56
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4424

Actions (login required)

View Item View Item