INAYATUL MAULA, . (2021) ANALISIS MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA PADA PEMBELAJARAN DARING DI SMPN 2 WARUNGPRING SELAMA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI SMPN 2 WARUNGPRING). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
inayatul maula (skripsi fix) - inayatul maula.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
MAULA, INAYATUL. 2021. Analisis Minat dan Hasil Belajar IPA Pada Pembelajaran Daring di SMPN 2 Warungpring Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Warungpring). Skripsi. Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Yuni Arfiani, M.Pd Pembimbing II Bayu Widiyanto, M.Si Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar, Masa Pandemi. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui minat belajar siswa selama menggunakan model pembelajaran daring. (2) Mengetahui hasil belajar siswa selama menggunakan model pembelajaran daring. (3) Mengetahui hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas 9 SMP Negeri 2 Warungpring yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 79. Kemudian sampel yang diperoleh adalah siswa kelas 9C dan 9D dengan jumlah masing-masing kelas sebanyak 17 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan juga lembar angket online dengan google form. Siswa yang masuk dalam penelitian diwajibkan untuk menjawab semua pertanyaan yang terdapat pada lembar angket online. Ada 4 indikator minat belajar yang digunakan pada penelitian ini, yaitu adanya perasaan senang, perhatian, ketertarikan, dan keterlibatan siswa . Penelitian ini mendapatkan hasil rata-rata dari keempat indikator tersebut adalah 21,1% siswa yang menyatakan setuju, 24,4% siswa menyatakan sangat setuju, 25,9% siswa menyatakan tidak setuju dan 28,6% siswa menyatakan sangat tidak setuju. Hal ini menunjukan minat belajar siswa SMP Negeri 2 Warungpring menggunakan model daring selama masa pandemi ini tergolong rendah. Hasil tersebut tentu karena adanya pengaruh dari faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa diantaranya adalah faktor eksternal, meliputi pendampingan orang tua, lingkungan sosial dan pembelajaran yang diberikan guru melalui daring pun sangat besar pengaruhnya. Minat belajar siswa menurun disebabkan karena pembelajaran yang kurang menarik, materi hanya diberikan begitu saja tidak dijelaskan seperti pembelajaran luring di kelas. Selain itu lingkungan juga mempengaruhi minat belajar siswa, kurang pengetahuan orang tua tentang pembelajaran daring, fasilitas, dan juga cara orang tua memberikan perhatian yang terlalu ketat membuat siswa tidak bersemangat dalam belajar.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 06:11 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 06:28 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4433 |
Actions (login required)
View Item |