KEEFEKTIFAN EVALUASI MODEL CIPP PADA LAYANAN KONSELING INDIVIDU DI SMA NEGERI KABUPATEN TEGAL

LUKMAN HAKIM, . (2021) KEEFEKTIFAN EVALUASI MODEL CIPP PADA LAYANAN KONSELING INDIVIDU DI SMA NEGERI KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
TESIS LUKMAN HAKIM PEDAGOGI.doc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Lukman Hakim. 2021. Keefektifan Evaluasi Model CIPP Pada Layanan Konseling Individu Di SMA Negeri Kabupaten Tegal. Program Studi: Magister Pedagogi. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing Dosen Pembimbing Utama ; Dr. Suriswo, M.Pd., Dosen Pembimbing Pendamping ; Dr. Beni Habibi, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Evaluasi, CIPP, Konseling Individu Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi dan (2) keefektifan evaluasi model CIPP (conteks ,input, proses, product) pada layanan konseling individu di SMA Negeri Kabupaten Tegal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalaha pendekatan kualitatif, yanag bertujuan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian secara holistik dengan cara deskriptif. Latar penelitian ini adalah SMA Negeri di Kabupaten Tegal. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara dan angket. Teknik keabsahan data mengunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Data dianalisis dengan langkah data reduction, display, and conclusion drawing. Hasil analisis menyimpulkan bahwa evaluasi model CIPP dapat diimplementasikan pada layanan konseling individu di SMA Negeri Kabupaten Tegal. Terdapat sebagian guru bimbingan konseling “mampu” mengimplementasikan “namun masih perlu berlatih”. Sebagian lagi, “mampu”, dan sebagian kecil “sangat mampu”. Evaluasi model CIPP terbukti efektif digunakan pada layanan konseling individu. Hal ini dilihat dari empat indikator tujuan evaluasi yaitu pada : (1)keeping track ; seluruh responden tidak ada satupun yang menyatakan “tidak sesuai” atau “kurang sesuai”. Terdapat sebagian yang menyatakan “cukup sesuai”. Setengah dari jumlah responden menyatakan “sesuai” dan sebagian kecil menyatakan “sangat sesuai”. Pada (2)checking up ; seluruh responden tidak ada satupun yang menyatakan “tidak sesuai” atau “kurang sesuai”. Sebagian kecil menyatakan “cukup sesuai” dan “sangat sesuai”. Lebih dari setengah jumlah responden menyatakan “sesuai”. Selanjutnya (3)finding out ; seluruh responden tidak ada satupun menyatakan “tidak sesuai” atau “kurang sesuai”. Sebagian kecil menyatakan “cukup sesuai”, lebih dari setengah jumlah responden menyatakan “sesuai” dan sebagian menyatakan “sangat sesuai”. Terakhir (4) summing up ; seluruh responden tidak ada satupun yang menyatakan “tidak sesuai”, “kurang sesuai” atau “cukup sesuai”. Hampir semua responden menyatakan “sesuai” dan sebagian kecil menyatakan “sangat sesuai”. Berdasar hasil penelitian, direkomendasikan pada guru bimbingan konseling untuk dapat mengunakan evaluasi model CIPP pada layanan konseling individu yang diselenggarakan.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 05 Jan 2022 00:50
Last Modified: 02 Feb 2022 06:16
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4452

Actions (login required)

View Item View Item